Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 Senin 18 Mei untuk Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Senin (18/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020 wilayah Yogyakarta, Solo, Semarang dan sekitarnya 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020 untuk hari Senin (18/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Tribunjogja.com melansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, menurut hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Tarmidzi, dan Nasa’i, terdapat dua iri hati yang diperbolehkan.

Hadis tentang iri hari.
Hadis tentang iri hari. (https://bimasislam.kemenag.go.id)

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW Bersabda: “Tidak diperbolehkan iri hati kecuali terhadap dua orang: Orang yang dikaruniai (ilmu) Al Qur’an oleh Allah, lalu ia membacanya malam dan siang hari, dan orang yang dikaruniai harta oleh Allah, lalu ia menginfakannya malam dan siang hari.” (HR. Bukhari, Tarmidzi, dan Nasa’i).

Dari hadi di atas, jelas disebutkan bahwa Rasulullah SAW menyampaikan bahwa sebagai muslim kita diperbolehkan iri hati hanya pada dua orang, yaitu Orang yang dikaruniai (ilmu) Al Qur’an oleh Allah, lalu ia membacanya malam dan siang hari, serta orang yang dikaruniai harta oleh Allah, lalu ia menginfakannya malam dan siang hari.

Dalam penjelasannya, alasan diperbolehkan iri hati pada orang pertama adalah karena ia mampu memanfaatkan anugerah Al-Qur’an dengan membaca, mengajarkan, mengkaji, dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an setiap saat. Sehingga seakan-akan tidak ada jarak antara dirinya dengan Al-Qur’an.

Kemudian dibolehkan iri hati pada orang kedua karena ia memandang kekayaan bukanlah semata-mata hasil jerih payahnya, tetapi semata-mata kebaikan Allah SWT. Sehingga orang tersebut gemar mensyukuri nikmat dengan berinfak setiap saat.

Sebagaimana yang tergambar di firman Allah SWT QS. Al-Baqarah ayat 274, di bawah ini:

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."  

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Senin (18/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan:

Yogyakarta

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved