Breaking News:

Kepala Suku Amazon Meninggal Akibat Corona, Sempat Berpesan Pemakamannya Diiringi Tarian

Kepala Suku Amazon meninggal dunia pada Kamis (14/5/2020). Pria bernama Messias Kokama itu meninggal akibat terinfeksi Virus Corona.

Metro
Upacara pemakaman Kepala Suku Amazon, Messias Kokama 

TRIBUNJOGJA.COM, BRAZIL -Kepala Suku Amazon meninggal dunia pada Kamis (14/5/2020). Pria bernama Messias Kokama itu meninggal akibat terinfeksi Virus Corona.

Saat masih hidup, Kokama sempat meminta untuk dimakamkan diiringi dengan nyanyai dan tarian jika suatu saat ia meninggal.

Warga pun mewujudkan permintaan itu.

Para pelayat menyanyikan lagu kebangsaan Brasil dalam bahasa Ticuna, salah satu dari 14 bahasa asli yang dituturkan di pedalaman pinggiran Manaus.

Di sanalah lokasi tempat tinggal 2.500 keturunan dari 35 suku Amazon berbeda.

Pilot Wanita asal AS Tewas, Pesawatnya Jatuh di Danau Sentani Saat Antar Alat Tes Corona

Kepala suku Kokama meninggal di usia 53 tahun pada Rabu (13/5/2020) karena gangguan pernapasan dan komplikasi lain dari Covid-19.

Ia sempat dirawat di rumah sakit utama Manaus, kota terbesar Brasil di hutan hujan Amazon.

"Kami kehilangan seorang kepala suku pemberani yang berjuang membentuk model masyarakat adat dengan pendidikan dan layanan berkualitas," kata Vanderlecia Ortega.

Vanderlecia merupakan perawat pribumi yang menangani kepala suku saat terinfeksi virus corona. Ia yang memanggil ambulans dan membawa Kokama ke rumah sakit.

Pasien Corona Ngamuk Lalu Berusaha Menulari Orang Lain : Saya Peluk Semua, ODP Kamu!

Melonjaknya jumlah kasus Covid-19 di Brasil turut merembet ke rumah sakit di Manaus. Para pasien yang meninggal dikubur di pemakaman massal dan tidak boleh dihadiri lebih dari dua kerabat.

Halaman
12
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved