Kota Yogyakarta

Kesadaran dan Kepedulian Sosial Masyarakat Yogyakarta Menjadi Modal Besar dalam Masa Pandemi

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, dalam sesi sharing bersama beberapa kepala daerah, aparatur pemerintahan, yan

tangkapan layar
Wawali Kota Yogya Heroe Poerwadi ketika mengikuti sharing dan diskusi daring, dalam forum United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC), Jumat 15/5/2020 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Irvan Riyadi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kota Yogyakarta tetap optimis dalam menangani dan menghadapi pandemi Covid-19.

Optimisme itu dikarenakan tingginya kesadaran dan kepedulian masyarakat di kota Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, dalam sesi sharing bersama beberapa kepala daerah, aparatur pemerintahan, yang dilaksanakan oleh United Cities Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC)Jumat (15/5/2020), melalui daring.

Dalam diskusi dan sharing tersebut, Heroe Poerwadi memuji sikap masyarakat kota Yogyakarta dalam masa pandemi.

Rapid Test Massal Selama Tiga Hari untuk Pengunjung Indogrosir di Kota Yogyakarta, Ini Hasilnya

Menurutnya, selain latar belakang kepedulian dan kesadaran sosial yang tinggi, Yogyakarta dan masyarakatnya, memiliki pengalaman dalam menangani dan menghadapi keadaan bencana.

Pengalaman itu, juga menjadi pendorong masyarakat Yogyakarta, cenderung lebih cepat dalam melakukan upaya-upaya penanganan.

"Kita (masyarakat) memang punya pengalaman dalam penanganan seperti letusan Merapi, yang semuanya terinisiasi dari kepedulian masyarakat," tambah Heroe.

Sehingga, ketika pandemi mulai terjadi di Yogyakarta, langkah antisipasi justru langsung hadir dari kalangan masyarakat.

"Sejak pandemi mulai, di Yogyakarta, tanpa ada instruksi, jalanan, toko-toko sampai di rumah-rumah sudah memasang tempat cuci tangan secara mandiri. Bukan dibuat oleh pemerintah, tapi masyarakat sendiri," ungkapnya.

Konsumsi Daging Sapi di Kota Yogya Turun Drastis Selama COVID-19

Halaman
12
Penulis: Irvan Riyadi
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved