Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 Jumat 15 Mei untuk Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, untuk Jumat (15/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020 hari Jumat (15/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Berada di 10 hari terakhir Ramadhan 2020, umat muslim berlomba memperbanyak ibadah. Selain untuk mendapat rida Allah SWT, ganjaran pahala berlipat, juga untuk menggapai Lailatul Qadar.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mencari Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Hadis tentang Lailatul Qadar.
Hadis tentang Lailatul Qadar. (https://bimasislam.kemenag.go.id)

"Dari Aisyah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari).

Tribunjogja.com melansir dari laman resmi Direktoran Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, berikut beberapa poin penjelasan dari hadis di atas:

1. Rasulullah SAW menyeru umatnya untuk menyongsong malam yang lebih baik dari seribu bulan ini dengan giat beribadah di malam-malam ganjil pada 10 terakhir bulan Ramadan.

2. Lailatul qadar adalah malam yang diharapkan pertemuannya oleh Rasulullah SAW, para sahabat, para kekasih Allah SWT, para ulama, dan orang-orang shaleh.

3. Makna kalimat “taharraw atau carilah” ialah kerahkan usaha dan semangatmu dalam mencari lailatul qadar dengan beribadah sepanjang malam.

4. Perintah “carilah” juga menunjukkan kerahasiaan lailatul qadar. Hikmahnya agar kita senantiasa giat meraih lailatul qadar dengan beribadah di 10 malam terakhir, dan Allah SWT yang menentukan siapa saja dari hamba-Nya yang dipertemukan dengan lailatul qadar.

5. Prof. Dr. Quraish Shihab mengatakan bahwa siapa saja yang beribadah di malam qadar niscaya ia meraih keberkahan dan kemuliaan malam itu.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved