Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Kamis 14 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 hari Kamis (14/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana | Editor: Yoseph Hary W
ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020 hari Kamis (14/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Tak terasa kini puasa Ramadan di tahun 2020 sudah memasukin 10 hari terakhir. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, membagikan kajian tentang keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.

Terdapat hadis yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bersungguh-sungguh giat dan memanfaatkan waktu di 10 hari terakhir untuk mendapat rida Allah SWT.

Rasulullah SAW meningkatkan kualitas ketaatan, beribadah, bertaqarrub, beri’tikaf, dan mengajak anggota keluarga untuk beribadah. 

Dari Aisyah RA, “Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut”. (HR. Muslim).

Dalam penjelasannya disebutkan ada empat faktor yang membuat Rasulullah SAW giat beribadah di 10 hari terakhir Ramadan, yaitu:

Pertama, sepuluh hari terakhir merupakan penutup bulan Ramadan yang penuh berkah. Dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya.

Kedua, 10 malam terakhir adalah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.

Ketiga,kerinduan akan keindahan lailatul qadar atau malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan.

Keempat,beliau memberikan contoh kepada umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.

Berikut ini jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 hari Kamis (14/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan:

Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved