Ramadan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Selasa 12 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Medan

Berikut ini jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Selasa (12/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Selasa (12/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Dalam hadis yang diriwatkan oleh Bukhari dan Muslim, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW adalah manusia paling dermawan.

Puncak kedermawanan Rasulullah SAW adalah di bulan Ramadan, caranya adalah dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas amalan baik.

Di dalam hadis yang sama, disebutkan bahwa kedermawanan Rasulullah lebih ringan dibandingkan hembusan angin yang menyejukkan.

"Dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata: “Nabi SAW adalah manusia yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan di bulan Ramadan ketika Jibril AS bertemu dengannya. Jibril menemuinya setiap malam Ramadan untuk menyimak bacaan Al-Qur’annya. Sungguh, Rasulullah SAW lebih dermawan dengan kebaikan daripada angin yang berhembus.” (Hadis shahih riwayat Bukhari dan Muslim).

Tribunjogja.com melansir Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, dijelaskan bahwa, "Kalimat “Beliau lebih dermawan di bulan Ramadan” menunjukkan keteladanan beliau dalam memanfaatkan momentum Ramadan sebagai bulan Al-Quran, bulan penuh berkah, dan bulan kepedulian sosial."

Dalam penjelasan di laman tersebut, ada empat faktor kedermawanan Rasulullah SAW di bulan Ramadan:

Pertama; Momentum bulan Ramadan sebagai bulan penuh berkah dan kepedulian sosial, serta bulan dilipatgandakan ganjaran kebaikan.

Kedua; Membantu orang-orang yang beribadah di bulan Ramadan, agar mereka merasa tenang dan istiqamah dalam ketaatan. Karena ganjaran membantu orang yang sedang beribadah sama dengan ganjaran ibadah orang tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Zaid bin Khalid al-Juhani RA:

 “Siapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka ia akan mendapat ganjaran yang serupa dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun ganjaran orang yang berpuasa itu”

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved