Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Rabu 13 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Beikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 hari Rabu (13/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020 untuk hari Rabu (13/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Di bulan Ramadan ini, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia merilis kajian berbagaii hadis.

Untuk hari ke-19, hadis yang dibagikan adalah tentang kemuliaan bersedekah.

Allah SWT menjamin bahwa harta yang disedekahkan tidak akan berkurangm namun justru akan terus bertambah.

Sampai nanti di hari kiamat, orang-orang yang rajin bersedekah akan terkejut menerima balasan sedekah 1 biji kurma, menjadi sebesar gunung atau lebih besar lagi.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah salah seorang diantara kalian bersedekah dengan satu biji kurma dari sumber penghasilan yang baik kecuali Allah SWT akan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya kemudian Allah memeliharanya sebagaimana salah seorang diantara kalian memelihara anak kudanya atau anak untanya sampai (sedekah kurma itu) sebesar gunung atau lebih besar lagi.” (HR. Bukhari).

Dalam keterang di penjelasan disebutkan, "Kalimat “bersedekah dengan satu biji kurma” tidak menunjukkan kekhususan bersedekah dengan satu biji kurma, tetapi hanyalah perumpamaan bersedekah dengan sesuatu yang sedikit atau sepele baik berupa uang, makanan, minuman, pakaian, atau lainnya."

Hadis ini menunjukkan keutamaan bersedekah meskipun dengan sesuatu yang sedikit. Sebagaimana nasehat Nabi Muhammad SAW kepada Abu Juray:

“Bertaqwalah kepada Allah, janganlah engkau menganggap remeh satu kebaikan sedikitpun, meskipun sekedar menuangkan air dari gelasmu ke gelas orang yang meminta minum.” (HR. Ahmad dan Nasa`i)

Salah satu manfaat bersedekah adalah mengangkat bala dan menyembuhkan penyakit. Dari Abdullah bin Mas’ud RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Sembuhkanlah orang-orang yang sakit di antara kamu dengan bersedekah, dan bentengilah hartamu dengan (mengeluarkan) zakat.” (HR. Thabrani)

Salah seorang sahabat yang bernama Haritsah bin Wabah pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Bersedekahlah! Karena akan datang suatu zaman, seseorang berjalan membawa sedekahnya, kemudian orang yang diberikan sedekah berkata: “Seandainya engkau datang kemarin maka aku akan terima sedekahmu, adapun hari ini, saya tidak butuh lagi.” (HR. Bukhari).

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved