Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Senin 11 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Senin (11/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Senin (11/5/2020) khusus untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Aisyah RA pernah menceritakan proses turunnya wahyu pertama yang diterima Rasulullah SAW. Kisah tersebut diriwayatkan dalam hadis berikut ini:

"Dari Aisyah RA, ia berkata: “Wahyu pertama diterima Rasulullah SAW adalah dalam mimpi yang benar, ketika Malaikat Jibril mendatangi beliau, seraya berkata: (Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah Yang mengajar (manusia) dengan pena)”. (HR. Bukhari).

Tribunjogja.com bagikan penjelasan hadis di atas dari laman resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, pada kalimat "Wahyu pertama diterima Rasulullah SAW" menegaskan awal tugas kenabian dan kerasulan beliau dalam membentuk umat terbaik. 

"Dari peristiwa inilah, beliau memulai gerakan dakwah mengenalkan ajaran Islam dari lingkungan keluarga, sahabat, komunitas, hingga lintas wilayah, dan akhirnya sampai kepada kita. Titik awal semangat dakwah ini adalah turunya ‘ruhul Amin’ (Malaikat Jibril) kepada ‘ash-shadiqul amin’ dengan membawa wahyu pertama surah al-‘Alaq: 1-5," tulis dalam keterangan.

"Wahyu pertama yang diturunkan di bulan Ramadan ini menjadi titik awal kelahiran umat terakhir ini, dan kewajiban ibadah puasa merupakan ungkapan syukur kelahiran umat ini sebagaimana nabi Musa dan nabi Nuh merayakan keselamatan kaumnya dengan berpuasa. Oleh karena itu, Allah SWT memberikan dua kado kebahagiaan bagi orang yang berpuasa yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat bertemu Allah di surga," lanjut dalam penjelasan.

Berikut jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Minggu (11/5/2020), khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Imsak: 4.13 WIB

Subuh: 4.23 WIB

Jakarta (Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta)

Imsak: 4.25 WIB

Subuh: 4.35 WIB

Surabaya (Jawa Timur)

Imsak: 4.02 WIB

Subuh: 4.12 WIB

Medan (Sumatra Utara)

Imsak: 4.44 WIB

Subuh: 4,54 WIB

( Tribunjogja.com | Fatimah Artayu Fitrazana)

Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved