Breaking News:

Maskam Mardliyyah UGM Akan Gelar Gebyar Ramadan Mardliyyah

Masjid Kampus Mardliyyah menjadi bagian dari Islamic Center di UGM yang menyediakan ruang eksplorasi dan eksperimentasi bagi kaum muda Muslim.

Tribun Jogja/ Yosef Leon Pinsker
CEO dan Co-Founder Bukalapak, Achmad Zaky saat menjadi pembicara dalam diskusi publik di Masjid Mardliyyah UGM Jumat (27/4/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Masjid Kampus Mardliyyah UGM sudah hampir selesai dibangun dan siap dimanfaatkan.

Masjid ini akan menjadi bagian dari Islamic Center di UGM yang menyediakan ruang eksplorasi dan eksperimentasi bagi kaum muda Muslim.

Masjid Kampus Mardliyyah UGM juga telah menggelar berbagai kegiatan dalam paket program RamadHan di Kampus (RDK) 1441/2020 dengan tema “Memetik Hikmat, Menebar Maslahat, Transformasi Umat”.

Pada Minggu (10/5/2020) malam akan diselenggarakan kegiatan “Gebyar Ramadan Mardliyyah” dalam rangka peringatan Malam Nuzulul Quran sekaligus soft-launching Masjid Kampus Mardliyyah UGM bertajuk “Cerdas Beragama, Berkontribusi bagi Bangsa”.

Mengingat dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan tersebut akan diadakan secara daring atau online dan disiarkan melalui kanal Youtube Universitas Gadjah Mada dan Instagram rdkmardliyyah_ugm.

"Pusat kegiatan offline ada di Balairung UGM dengan mematuhi standar keselamatan Covid-19 secara ketat," ujar Ketua RDK 1441/2020 Maskam Mardliyyah UGM, Achmad Munjid

Amalan yang Dapat Dilakukan Setelah Bulan Suci Ramadhan

Sejumlah tokoh nasional, ustadz dan pemikir Islam terkemuka, tokoh pergerakan sosial, musisi, jurnalis, akademisi, influencer, sociopreneur, dan aktivis mahasiswa akan menjadi pengisi yang tersusun ke dalam tiga segmen.

Segmen pertama, dengan sub-tema “Iqra: Membaca Dinamika Jaman dalam Beragam Perspektif” yang akan diisi oleh Rektor UGM Panut Mulyono, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Eric Thohir, pendiri dan Kordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid dan akan dipandu oleh Prabu Revolusi.

Segmen kedua yakni pembacaan ayat-ayat suci Alquran

Segmen ketiga berupa dialog bertajuk “Yang Muda, Yang Cerdas Beragama dan Berkontribusi bagi Bangsa”.

Pada acara ini juga akan dilakukan penggalangan dana “Mardliyyah Peduli” bekerja sama dengan Kitabisa.com yang puncaknya akan digelar pada acara “Konser Amal”.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan reflektif yang menginspirasi dan bermanfaat luas dalam memaknai ibadah Ramadan di tengah pandemi ini," katanya.(*)

 

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved