Kisah Satu Keluarga di Batam Positif Virus Corona, Awalnya Berasal dari Sang Ayah

Kisah Satu Keluarga di Batam Positif Virus Corona, Awalnya Berasal dari Sang Ayah

Editor: Hari Susmayanti
Shutterstock via kompas.com
Ilustrasi pencegahan dan penularan virus corona, pasien virus corona 

TRIBUNJOGJA.COM, BATAM - Satu keluarga Batam terpapar virus corona yang ditularkan oleh suami yang kini sudah meninggal dunia.

Virus corona yang ditularkan oleh DD, akhirnya menulari istri dan kedua anaknya.

Kini, istri dan kedua anak almarhum DD menjalani perawatan medis.

Kepala Dinas Kesehatan Batam, dr Didi Sumarjadi mengatakan dari kasus ini, orang yang pertama kali terpapar yakni suaminya, yakni berinisial DD yang merupakan kasus 035 Batam dan akhirnya meninggal dunia.

Setelah DD, dari sana kasus tersebut menyebar dan menular ke Istri dan kedua anaknya.

"Ini klaster baru, sampai saat ini kami masih melakukan pelacakan dari mana kasus 035 Batam ini hingga terpapar covid-19 tersebut," kata Didi melalui telepon, Sabtu (9/5/2020).

Kasus satu keluarga ini jadi satu klaster baru

Selanjutnya, isteri korban berinisial D (52) atay kasus 037 Batam, padahal sebelumnya Tim Surveilans dan Epidemiologi Dinas Kesehatan Batam menyimpulkan hasil pemeriksaan Rapid Tes atau RDT hanya Non Reaktif.

Kemudian diikuti dengan pemeriksaan Swab tenggorokan di RS Budi Kemuliaan Batam tanggal 05 Mei 2020, hasilnya baru diterima Jumat, (8/5/2020) dan dinyatakan D Terkonfirmasi Positif.

Usai istrinya, anggota keluarga lainnya yang terinfeksi yakni anak laki-lakinya dengan inisial ARS (19) seorang mahasiswa.

Yang bersangkutan adalah anak kandung kedua keluarga ini. ARS dinyatakan positif setelah dilakukan pemeriksaan RDT tanggal 03 Mei 2020, hasil test disimpulkan Non Reaktif dan merupakan kasus 038 Batam.

Kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan, dengan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Budi Kemuliaan Batam yanggal 05 Mei 2020.

"Dan diperoleh hasilnya dinyatakan terkonfirmasi Positif," terang Didi.

Pasien positif, hasil rapid test-nya non-reaktif Anggota keluarga lainnya yang terinfeksi, seorang remaja laki-laki, berinisial GRD (15), pelajar salah satu sekolah di Batam.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved