Jawa

Aksi Dukungan Moral dari Elemen Masyarakat Kabupaten Magelang untuk Tenaga Kesehatan

Aksi dilakukan dengan memberi semangat kepada para tenaga medis di halaman RSUD Merah Putih dan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD).

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Segenap elemen masyarakat di Kabupaten Magelang melakukan aksi dukungan moral untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit (RSUD) Merah Putih Kabupaten Magelang, Jumat (8/5/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Segenap elemen masyarakat di Kabupaten Magelang melakukan aksi dukungan moral untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit (RSUD) Merah Putih, Jumat (8/5/2020).

Mereka memberikan dukungan moral dan bantuan APD kepada tenaga kesehatan di Kabupaten Magelang yang berjuang di garis depan dalam penanganan Covid-19.

"Aksi ini untuk memberikan dukungan semangat kepada para petugas kesehatan di seluruh wilayah Magelang yang saat ini harus berjuang merawat para pasien positif Covid-19. Mereka harus diberi semangat agar secara psikis tidak merasa berjuang sendirian," kata Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono, Jumat (8/5/2020).

Aksi dilakukan dengan memberi semangat kepada para tenaga medis di halaman RSUD Merah Putih dan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis.

127 Nakes Bakal Di-swab Setelah 1 Nakes RSUD Tidar Kota Magelang Positif

Doa dipimpin oleh KH Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf untuk mendoakan tenaga kesehatan.

Selanjutnya, aksi bagi-bagi masker kepada pengendara sepeda motor di pertigaan Blondo oleh Bawaslu Kabupaten Magelang yang dikawal oleh petugas Polres Magelang.

"Aksi ini adalah suatu bentuk dukungan secara moril terutama psikis kepada para tenaga medis atau kesehatan di Magelang dalam menanggulangi atau merawat para pasien Covid-19," tutur Bagyo.

Berbagai elemen masyarakat memberikan dukungan bagi para tenaga kesehatan di Magelang, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, Bawaslu Kabupaten Magelang, Fatayat NU dan segenap instansi lain.

Salah satu tenaga medis, RSUD Merah Putih dr Tatang, mengapresiasi aksi ini.

Ia meminta masyarakat agar disiplin dan waspada dalam melakukan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Total 3 Orang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Magelang

"Kami minta masyarakat juga bisa lebih disiplin lagi dalam melakukan pencegahan Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan, yakni dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah saja. Apabila terpaksa harus keluar rumah jangan lupa pakai masker," tambahnya.

Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati, menuturkan, dukungan moral ini sangat berarti bagi para tenaga medis di Magelang dalam menanggulangi Covid-19.

Selain kesiapan SDM rumah sakit, penguatan secara psikis juga sangat penting.

"Penguatan SDM secara psikis ini sangatlah penting, apalagi kedepan RSUD Merah Putih juga sudah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanggulangan Covid-19," tuturnya.

Aksi tersebut berjalan dengan lancar dan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI.

Aksi ini juga mengedepankan protokol kesehatan dengan jaga jarak (social distancing), serta segenap peserta harus mengenakan masker. (TRIBUNJOGJA.COM)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved