Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Rabu 6 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah untuk puasa Ramadhan 2020 hari Rabu (6/5/2020) wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, hari Rabu (6/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Tribunjogja.com kali ini ingin membagikan tinjauan hadis, yang dilansir dari laman Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hadis yang dibahas adalah tentang Qunut Nazilah. Berikut ini bacaan hadis tersebut:

"Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW membaca doa qunut (nazilah)selama sebulanberturut-turutdalam shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib,Isya dan Shubuh selepas mengucapkan: ‘Sami’allahu liman hamidah’ di rakaat terakhir, beliau mendoakan kehancuran bani Sulaim, (yaitu) suku Ri’il, Dzakwan, dan ‘Ushayyah, dan orang-orangdi belakangnya mengucapkan “Aamin” (Hadis Shahih diriwayatkan Imam Ahmad).

Hadis ini ada karena dilatarbelakangi adanya peristiwa khusus, yaitu"

"Berkaitan dengan permintaan suku Ri’il, Dzakwah, Ushayyah, dan Lahyan kepada Rasulullah SAW agar mengirimkan para penghafal Al-Qur’an untuk mengajarkan Islam (riwayat lain: melawan musuh), dan beliau mengabulkan permintaan tersebut dengan mengirimkan 70 penghafal Al Qur’an," tulis dalam penjelasan.

Dilanjutkan, "Namun ketika mereka berada sebuah kawasan bernama Bi’ir Ma’unah, mereka dibunuh dan dikhianati oleh suku-suku Arab tersebut. Kejadian ini sampai kepada Rasulullah SAW, maka beliau melakukan qunut nazilah selepas shalat mendoakan kecelakaan terhadap suku-suku arab tersebut."

Masuk pada bagian penjabaran makna, yaitu "Kalimat “Rasulullah SAW membaca doa qunut (nazilah) selama sebulan berturut-turut” menunjukkan qunut nazilah tidak disyari’atkan selamanya, namun disyari’atkan ketika terjadi musibah besar seperti wabah penyakit, bencana alam, dan lainnya."

Qunut artinya taat, diam, atau berdoa, dan Nazilah adalah musibah besar yang menimpa manusia. Qunut Nazilah dimaknai sebagai doa yang diucapkan saat i'tidal dalam salat, ketika terjadi musibah besar.

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 Rabu (6/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan:

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved