Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Senin 4 Mei untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Senin (4/5/2020) untuk wilyah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 untuk hari Senin (4/5/2020), khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Berpuasa tidak hanya dapat meningkatkan keimanan dan bentuk ketaatan kita pada Allah SWT, tapi ternyata juga bisa menjaga kesehatan.

Hal itu disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ath Thabrani dalam Mu’jam al Awsath, "Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.”

Tribunjogja.com mengutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, hadis di atas sebenarnya tergolong lemah.

Meski begitu, secara substansi, hadis ini selaras dengan manfaat puasa yaitu mendapat kesehatan spiritual dan fisik.

Bacaan Niat, Tata Cara Salat Tarawih dan Witir Selama Puasa Ramadhan di Rumah Saja

Sederet Manfaat Puasa Menurut Sains, Mulai Mencegah Kanker hingga Bantu Tubuh Melawan Infeksi

"Kalimat “Niscaya kalian akan sehat” menjelaskan jaminan kesehatan bagi orang yang menjalankan ibadah puasa dengan baik. Hadis ini berbicara manfaat, dan tidak berbicara proses," tertulis dalam penjelasan di laman Kemenag.

Manfaat kesehatan dari berpuasa adalah meningkatkan imunitas tubuh. Berdasarkan penjelasannya ada empat manfaat puasa yang dijelaskan, yaitu:

1. Tubuh mendapatkan fase istirahat usus dan perut serta membantu detoksifikasi (pengeluaran racun dari dalam tubuh). 

2. Puasa juga bisa mengurangi kadar lemak tubuh. Kelebihan lemak tubuh bisa merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia. Lemak yang banyak akan memicu produksi sel, yang menyebabkan peradangan pada organ tubuh, memicu munculnya penyakit pembuluh darah dan masalah kesehatan lainnya 

3. Rasa lapar memicu sel-sel induk dalam tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru untuk melawan infeksi. Para peneliti menyebutkan bahwa puasa berfungsi sebagai 'pembalik sakelar regeneratif' yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru. Penciptaan sel darah putih baru inilah, yang menjadi dasar regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. 

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved