Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Minggu 3 Mei untuk Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah untuk Minggu (3/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 untuk Minggu (3/5/2020) khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Orang yang berpuasa termasuk ke dalam tiga golongan yang doanya tidak tertolak. Hal ini dijelaskan dalam hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad.

"Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (Hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Tribunjogja.com melansir dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, “Orang yang berpuasa sampai ia berbuka” meliputi orang-orang yang berpuasa sunnah maupun wajib, khususnya puasa di bulan Ramadhan.

Terkabulnya doa orang yang berpuasa disebabkan kuatnya unsur kedekatan diri kepada Allah SWT, mengosongkan jiwa dari perkara mubah dan godaan syahwat. 

Dijelaskan pula, "orang yang berpuasa hendaklah memanfaatkan moment berpuasa untuk memperbanyak do’a dengan penuh keikhlasan dan ketundukan kepada Allah SWT dengan keyakinan terkabulnya doa."

"Kalimat “sampai ia berbuka” menunjukkan masa terkabulnya doa tidak terikat dengan waktu-waktu tertentu, tetapi detik-detik waktu sepanjang berpuasa sejak terbit fajar sampai matahari terbenam merupakan waktu mustajab," tertulis dalam penjelasan.

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Minggu(3/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan:

Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Imsak: 4.13 WIB

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved