Breaking News:

Ramadhan 2020

Ini Keistimewaan Hari Jumat Dibanding Hari Lain bagi Umat Muslim

Karena hari Jumat memiliki keistimewaan dibandingkan dengan yang lain, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan pada hari Jumat.

via 123rf.com
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pada kalender di dalam satu minggu terdapat 7 deretan hari mulai dari Minggu hingga Sabtu.

Walaupun semua hari itu baik namun, Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Achmad Dahlan mengatakan, terdapat salah satu hari yang memiliki keistimewaan dibandingkan dengan hari yang lain.

Hari yang memiliki keistimewaan tersebut adalah hari Jumat.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasul yang berbunyi:

عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ( إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلَام ، وَفِيهِ قُبِضَ ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ ، قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ -أَيْ يَقُولُونَ قَدْ بَلِيتَ- قَالَ : إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ حَرَّمَ عَلَى الأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الأَنْبِيَاءِ عَلَيْهِمْ السَّلام ) . رواه أبو داود

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jum'at, pada hari itu Adam di ciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala) dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku -karena- shalawat kalian akan disampaikan kepadaku."

Aus bin Aus berkata: para sahabat bertanya; "Wahai Rasulullah Shalallahu, bagaimana mungkin shalawat kami bisa disampaikan kepadamu, sementara anda telah tiada (meninggal)? -atau mereka berkata; "Telah hancur (menjadi tulang) "- Beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi." (Hr. Abu dawud)

Selain itu, banyak keutamaan yang terdapat pada hari Jumat dan sesuai dengan hadis Nabi diantaranya

1. Menjadi hari yang mulia khusus untuk umat Islam.

2. Sebaik-baiknya hari, karena pada hari itu Nabi Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam Surga, dan hari terjadinya kiamat.

3. Penghulu semua hari (hari yang paling mulia dan utama)

4. Ada waktu dimana doa diijabah.

Karena hari Jumat memiliki keistimewaan dibandingkan dengan yang lain, Achmad mengungkapkan, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan pada hari Jumat.

"Amalan tersebut diantaranya mandi wajib untuk Salat Jumat, Salat Jumat, membaca surat Al - Kahfi, banyak berdoa, bersalawat dan banyak bersedekah dan amal sosial lainnya," ucapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved