Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Jumat 1 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 Jumat (1/5/2020), khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, hari Jumat (1/5/2020) khusus untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Tribunjogja.com melansir dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, Rasulullah SAW pernah menyampaikan tentang menegakkan ibadah salat di rumah.

HR. Bukhari dan Muslim.
HR. Bukhari dan Muslim. (https://kemenag.go.id)

"Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Jadikanlah shalat-shalat kalian di rumah kalian, dan janganlah kalian menjadikan rumah sebagai kuburan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Jadikanlah shalat-shalat kalian di rumah kalian” bermakna rumah bukan hanya dijadikan tempat bertemunya orangtua dan anak atau tempat tinggal semata, tapi juga menjadi tempat beribadah bagi anggota keluarga inti.

“Shalat” yang dimaksud adalah salat sunnah yang dikerjakan di rumah. Perintah ini bertujuan agar ibadah terjaga dari unsur riya dan sum’ah, serta agar rumah bertambah berkah, diturunkan rahmat, serta dijauhkan dari syetan.

Salat sunnah lebih utama dikerjakan di rumah daripada di masjid.

HR. Bukhari dan Muslim.
HR. Bukhari dan Muslim. (https://kemenag.go.id)

"Wahai manusia, shalatlah kalian di rumah-rumah kalian, karena sebaik-baiknya shalat adalah shalat seseorang di rumahnya, kecuali shalat wajib.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Meski begitu, ada beberapa salat sunnah yang dianjurkan di masjid atau lapangan untuk keperluan syi'ar Islam, misalnya Idulfitri, Iduladha, Gerhana, dan Istisqa. 

Kemudian kalimat “Jangan kalian menjadikan rumah sebagai kuburan” merupakan pemisalan terhadap rumah yang kering dari ibadah salat, bahkan penghuni rumah tersebut tidak pernah menjalankan shalat sunnah.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Jumat (1/5/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved