Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Rabu 29 April untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah puasa keenam, Rabu (29/4/2020) untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah Rabu (29/4/2020) untuk puasa keenam Ramadhan 1441 H / 2020 wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Menjalani bulan Ramadan di tengahn pandemi virus corona memang menjadi tantang tersendiri bagi kum muslim.

Pemerintah sudah mengimbau untuk masyarakat tetap berada di rumah, demi menghambat penyebaran virus corona.

Alhasil, ibadah-ibadah yang biasa dilakukan di masjid selama Ramadan, misalnya salat Tarawih, Tadarus, pengajian buka puasa, bahkan TPA untuk anak-anak ditiadakan.

Sebagai gantinya, masyarakat diminta untuk beribadah di rumah selama bulan Ramadan ini.

Tribunjogja.com melansir dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, ada tiga hal yang diajarkan Rasulullah SAW dalam menghadapi wabah, yaitu tidak keluar rumah, bersabar, dan tetap beribadah.

Ketiga hal tersebut seperti tertuang di hadis riwayat (HR) Bukhari, Nasa’i dan Ahmad:

"Dari Siti Aisyah RA, ia berkata, ‘Aku bertanya kepada Rasulullah SAW perihal tha‘un, lalu Rasulullah SAW memberitahukanku, ‘Dahulu, tha’un adalah azab yang Allah kirimkan kepada siapa saja yang Dia kehendaki, tetapi Allah menjadikannya sebagai rahmat bagi orang beriman. Maka tiada seorang pun yang tertimpa tha’un, kemudian ia menahan diri di rumah dengan sabar serta mengharapkan ridha-Nya seraya menyadari bahwa tha’un tidak akan menimpanya selain telah menjadi ketentuan Allah untuknya, niscaya ia akan memperoleh ganjaran seperti pahala orang yang mati syahid.’’”

“Kemudian ia menahan diri di rumah” merupakan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW ketika merebak wabah penyakit.

Lalu, tafsir kemenurut Kemenag untuk “Dengan sabar serta mengharapkan ridha-Nya” merupakan sunnah atau tuntunan Nabi Muhammad SAW saat menahan diri di rumah.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved