Breaking News:

Belajar dari Rumah

Live Streaming TVRI & Jadwal Tayang Program Belajar dari Rumah Selasa 28 April 2020, LINK di SINI

Inilah jadwal tayang TVRI program Belajar dari Rumah dan LINK Live Streaming TVRI Selasa 28 April 2020

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Instagram/litbangdikbud via tribunternate
Program Belajar dari Rumah Tayang TVRI 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Live Streaming TVRI kembali menayangkan program Belajar dari Rumah edisi hari Selasa 28 April 2020. 

Jadwal Tayang TVRI program Belajar dari Rumah edisi Selasa 28 April 2020 menyajikan materi untuk jenjang PAUD SD SMP SMA/SMK sederajat. 

Selain disiarkan langsung, program Belajar dari Rumah juga tayang via LINK live streaming tvri mulai pukul 08.00 WIB. 

-----> Informasi LINK live streaming tvri di akhir artikel

Jadwal Tayang TVRI Belajar dari Rumah

Dikutip dari jadwal yang diterbitkan Kemendikbud, berikut jadwal Belajar dari Rumah untuk hari Selasa , 28 April 2020:

08.00 – 08.30 WIB : Jalan Sesama

08.30 – 09.00 WIB : Gemar Matematika: Meloncat dan Mengurut Bilangan (untuk siswa-siswi SD Kelas 1-3 dan sederajat)

09.00 – 09.30 WIB : Demam Puisi (untuk siswa-siswi SD Kelas 4-6 dan sederajat)

09.30 -10.00 : Mantul - Matematika Manfaat Betul: Pecahan (untuk siswa-siswi SMP dan sederajat)

10.00 – 10.30 WIB : Matematika: Eksponen dan Bentuk Akar (untuk siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat)

10.30 – 11.00 WIB : Keluarga Indonesia: Pendidikan Kesehatan Reproduksi (untuk orang tua dan guru)

21.00 - 23.20 WIB : Film Nasional: Rumah Ketujuh

*Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

.

Sebagai alternatif pembelajaran dari rumah, Kemendikbud bersama TVRI mengadakan program Belajar dari Rumah berupa tayangan pembelajaran di TVRI untuk para pelajar di Indonesia, dikutip Tribun Jogja dari kompas.com via Tribunpalu.com.

Acara Belajar dari Rumah merupakan program alternatif belajar di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19).

Program ini dimulai pada Senin, 13 April 2020 lalu, setiap hari Senin hingga Jumat di TVRI, mulai pukul 08.00 WIB.

Direncanakan, program ini berjalan selama tiga bulan ke depan atau selama pandemi corona.

Selain ditayangkan di TVRI, Belajar dari Rumah juga bisa disaksikan secara live streaming.

Belajar dari Rumah terbagi menjadi lima jenjang di setiap jamnya, mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat.

DIkutip dari Tribunnews.com, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Hilmar Farid menjelaskan, materi program Belajar dari Rumah diambil dari berbagai sumber.

Sebagian besar materi sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak lain.

Dicontohkan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Kemudian, terkait program kebudayaan, Hilmar menjelaskan pada Sabtu dan Minggu, terdapat durasi tiga jam khusus untuk program-program kebudayaan.

Antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

Sementara pada malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter.

Dikutip dari situs Kemendikbud, kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim itu akan menyiapkan sekitar 720 episode untuk penayangan program Belajar dari Rumah selama 90 hari ke depan di TVRI.

"Saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan tayangan untuk dua minggu pertama, sambil memproduksi untuk tayangan di minggu-minggu berikutnya," kata Hilmar.

Atasi keterbatasan internet 

Mendikbud Nadiem Makarim menggandeng TVRI untuk program belajar di rumah untuk para pelajar selama 3 bulan kedepan atau saat pandemi corona.

Mengatasi keterbatasan akses jaringan internet dan juga bahan pembelajaran daring selama wabah Covid-19, Mendikbud Nadiem Makarim menggandeng TVRI menginisiasi program " Belajar dari Rumah".

"Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19," ujar Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Mendikbud Nadiem menambahkan, "(Program ini) khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis.”

Penyebaran pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) mengakibatkan banyak peserta didik harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah, baik melalui sarana dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).

Namun, tidak semua peserta didik maupun pendidik memiliki kemampuan untuk mengakses platform pembelajaran daring secara optimal.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" di TVRI.

Program Belajar dari Rumah di TVRI, merupakan respons Kemendikbud terhadap masukan Komisi X DPR RI pada Rapat Kerja tanggal 27 Maret 2020 yang lalu.

Hal ini, dikatakan Mendikbud sejalan dengan semangat Merdeka Belajar.

"Program Belajar dari Rumah mulai tayang di TVRI pada Senin tanggal 13 April 2020 dimulai pada pukul 08 pagi," terang Nadiem.

Berjalan 3 bulan ke depan

Program ini direncanakan dapat terselenggara setidaknya selama 3 bulan ke depan.

"Nantinya selain diisi dengan program pembelajaran untuk semua jenjang, Belajar dari Rumah juga akan menyajikan program Bimbingan Orangtua dan Guru serta tayangan kebudayaan pada akhir pekan,” jelas Mendikbud.

Adapun konten atau materi pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik.

Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi mengenai program ini bersama dengan lembaga nonpemerintah.

"Yang perlu dicatat bahwa sesungguhnya dalam keadaan seperti ini, yang menjadi penting saat adalah pemberian pendidikan yang bermakna,” terang Mendikbud.

Selanjutnya, dalam situasi di mana kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah terhenti, solidaritas dan gotong royong menjadi kunci penanganan Covid-19 di Indonesia.

Oleh karena itu Kemendikbud terbuka untuk kerja sama dan kolaborasi pendukungan penyelenggaraan pendidikan di masa darurat ini.

Pesan Nadiem

"Kami berterima kasih atas semua bantuan, kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak, dari Komisi X, mitra swasta, organisasi masyarakat, juga relawan yang bersama-sama mengambil peran dan kontribusi dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini," tutur Mendikbud.

"Semangat gotong royong yang kita miliki menunjukkan kesatuan dan kekuatan bangsa kita yang berideologi Pancasila,” tambahnya.

Mendikbud berharap agar para orang tua, pendidik, dan peserta didik menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Pesan saya agar baik orang tua, siswa, dan guru menjaga kesehatan masing-masing beserta keluarga sesuai protap dari Kemenkes terkait Covid-19, dan untuk mengikuti imbauan Presiden Jokowi agar belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah,” tutup Mendikbud.

LIVE STREAMING TVRI

Selain melalui TVRI, Belajar dari Rumah juga bisa disaksikan di live streaming di ponsel atau gawai (gadget) masing-masing.

Link

Link

Link

*

(*/ Tribunjogja.com ) 

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved