Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Selasa 28 April 2020 untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah hari kelima puasa Ramadhan 2020, Selasa (28/4/2020) untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa kelima Ramadhan 2020, Selasa (28/4/2020), untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Bulan Ramadan adalah bulan di mana pahala kebaikan dikalikan berkali-kali lipat. Maka tak heran jika para muslim berlomba-lomba untuk melakukan kebajikan untuk mengaharap rida Allah SWT, terutama di bulan Ramadan.

Terdapat satu hadis yang menjelaskan, celakalah seorang hamba masih menikmati Ramadan, tapi dosanya tak diampuni. Kemudian Rasulullah SAW mengamininya.

Tribunjogja.com melansir dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, ada tiga doa malaikat Jibril yang diamini oleh Rasulullah SAW.

Dari Jabir RA, bahwasanya Nabi SAW naik ke mimbar. Ketika beliau naik ke anak tangga pertama, kedua, dan ketiga beliau mengucapkan, “Amiin”. Lalu para sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, kami semua mendengar engkau berkata: Amiin, amiin, amiin. Beliau menjawab, ”Ketika aku menaiki tangga pertama, Jibril datang kepadaku dan berkata: Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadan namun dosanya tidak diampuni. Maka Aku pun berkata: Amiin.

Kemudian Dia (Jibril) berkata: Celakalah seorang hamba, jika mendapati kedua atau salah satu orang tuanya masih hidup, namun keberadaan kedua orang tuanya tidak membuatnya masuk ke dalam surga. Aku pun berkata: Amiin. 

Kemudian Dia (Jibril) berkata: Celakalah seorang hamba, jika namamu disebutkan dihadapannya tapi dia tidak bershalawat untukmu. Maka Aku pun berkata: Amiin. 

(HR. Ibnu Khuzaimah, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam shahih al-Tirmidzi)

Lalu, apa yang membuat seseorang celaka atau merugi di bulan Ramadan karena dosanya tidak diampuni?

Dijelaskan, kalimat “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadan namun dosanya tidak diampuni”, menjelaskan sisi kemuliaan bulan Ramadan sebagai bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, bulan penuh hidayah, bulan panen kebaikan, dan bulan yang mengembalikan manusia kepada fithrah.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved