Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 Senin, 27 April untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 1441 H/ Tahun 2020, Senin (27/4/2020) untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 hari keempat, Senin (27/4/2020) untuk wilayah kota Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim, dan merupakan satu di antara amalan yang dicintai oleh Allah SWT.

Menurut hadis riwayat (HR) Tirmidzi (616), dan Abu Dawud (1955), dijelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Bertakwalah kepada Tuhanmu, tegakkan shalat lima waktumu, berpuasalah di bulanmu, tunaikanlah zakat hartamu, dan taatilah para pemimpinmu, niscaya kalian semua akan masuk dalam surga Tuhanmu.”

Dilansir Tribunjogja.com dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, “Bertaqwalah kepada Tuhanmu”, maksudnya buatlah benteng pemisah antara dirimu dan murka Allah, dan takutlah kepada-Nya seakan-akan kamu melihat-Nya.

Kemudian, “tegakkan shalat lima waktumu” yaitu kewajiban vertikal kepada Allah SWT sebagai wujud syukur atas segala kebaikan-Nya dengan melaksanakan shalat lima waktu dengan baik dan benar.

Baik artinya niat beribadah karena Allah SWT dan khusyuk, sementara benar adalah memenuhi rukun dan syarat sah shalat.

Yang ketiga, “berpuasalah di bulanmu (Ramadan)”, yaitu kewajiban vertikal dan horizontal sebagai upaya penguatan tauhid dan kepedulian sosial. 

Selanjutnya, “tunaikanlah zakat harta-hartamu”, yaitu kewajiban harta dengan mengeluarkan zakat harta jika telah memenuhi kadar wajib zakat atau nishab.

Terakhir adalah  “dan taatilah para pemimpinmu”, yaitu kewajiban mentaati orang-orang yang mengurusi segala urusan manusia.

Lalu penutup hadis tersebut, “niscaya kalian semua akan masuk ke dalam surga Tuhanmu” yaitu jika kalian terus istiqomah menjalankan ibadah shalat lima waktu, berpuasa di bulan ramadhan, menunaikan zakat, dan mentaati para pemimpin, niscaya ibadah-ibadah tersebut berpotensi mensucikan diri, jiwa, dan harta serta mengembalikan manusia kepada karakter keasliannya yaitu hamba Allah yang taat.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved