Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 Minggu 26 April untuk Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah hari ketiga puasa Ramadhan 1441 H/ Tahun 2020 untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah untuk puasa Ramadhan 1441 H/ Tahun 2020, Minggu (26/4/2020) untuk wilayah kota Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Marhaban Ya Ramadhan, selamat datang bulan Ramadan, bulan yang penuh keberkahan, di mana setiap kebaikan yang dilakukan manusia akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Keberkahan di bulan Ramadan tidak ada bandingnya dibanding dengan keberkahan yang Allah berikan di bulan-bulain selainnya.

Itulah mengapa, bulan suci ini disambut dengan perasaan yang lapang penuh keikhlasan dan suka cita, seperti yang tertuang di hadis berikut ini:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (Hadis shahih, dan diriwayatkan oleh An –Nasa’i).

Keberkahan secara spiritual di bulan Ramadan dijelaskan oleh Rasulullah SAW, di antaranya: pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu, dan terdapat satu malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan yaitu lailatul qadr. 

Kalimat "Pintu-pintu surga dibuka" adalah kemudahan bagi seorang muslim untuk melakukan kebaikan secara istiqamah (terus-menerus), sehingga jalan untuk menuju keburukan dapat tertutup, serta syetan tidak berdaya mengalihkannya kepada kesesatan.

Maka, beruntunglah mereka yang diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk mensucikan diri dengan terus melakukan amalan kebaikan selama bulan ini.

Dikutip Tribunjogja.com dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, untuk menjaga kualitas ibadah kita di bulan Ramadan, maka jalankanlah dua hal, yaitu sabar dan salat, terlebih di tengah pandemi virus corona seperti saat ini.

Sesuai dengan firman Allah SWT surah Al Baraqarah ayat 153:

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved