Breaking News:

Hasil Penelitian di Swiss, Virus Corona Serang Pembuluh Darah Hingga Picu Kegagalan Organ

Hasil Penelitian di Swiss, Virus Corona Serang Pembuluh Darah Hingga Picu Kegagalan Organ

Editor: Hari Susmayanti
Shutterstock
Ilustrasi pembuluh darah 

TRIBUNJOGJA.COM, SWISS - Temuan baru para peneliti terhadap virus corona atau covid-19 ternyata tidak hanya menyerang organ paru-paru saja.

Namun para peneliti di Swiss menemukan virus corona juga menyerang pembuluh darah.

Virus yang pertama muncul di Wuhan, China tersebut membuat lapisan di pembuluh darah yang bisa memicu kegagalan banyak organ.

"Virus ini tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga menyerang pembuluh darah di mana-mana," kata Frank Ruschitzka penulis makalah dari University Hospital Zurich, seperti melansir South China Morning Post (SCMP), Rabu (22/4/2020).

Ruschitzka mengatakan para peneliti menemukan virus corona ini memasuki endotelium (lapisan sel), yang merupakan garis pertahanan pembuluh darah.

"Jadi itu mengapa pertahanan tubuh dapat menurun dan menyebabkan masalah dalam sirkulasi mikro (sirkulasi darah di pembuluh darah terkecil)," kata Ruschitzka.

Sebabkan kegagalan organ Ruschitzka juga mengungkapkan akibat dari serangan virus pada pembuluh darah, membuat aliran darah ke berbagai bagian tubuh berkurang dan pada akhirnya dapat menghentikan sirkulasi darah.

ilustrasi penyakit pembuluh darah
ilustrasi penyakit pembuluh darah (kompas.com)

"Dari apa yang kita lihat secara klinis, pasien memiliki masalah di semua organ, seperti di jantung, ginjal, usus, di mana-mana," jelas ketua pusat studi jantung dan departemen kardiologi di rumah sakit universitas di Swiss ini.

WHO Beberkan Asal Virus Corona dan Buka Suara Soal Laboratorium Wuhan di China

Bima Arya Ceritakan Pengalaman Dirinya Terinfeksi Corona, Dirawat Hingga Sembuh

Hal itu juga menjelaskan mengapa perokok dan orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya memiliki fungsi endotel yang lemah.

Dengan kata lain, pembuluh darah yang tidak sehat, lebih rentan terhadap virus corona baru.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved