Breaking News:

Bantul

Pemkab Bantul Siapkan Surat Edaran Soal Imbauan Ibadah di Rumah Selama Ramadan

Pemkab Bantul tengah mempersiapkan surat edaran mengenai imbauan kepada masyarakat supaya tidak melakukan kegiatan ibadah yang berpeluang menimbulkan

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Pemkab Bantul bersama forkopimda, menggelar rapat bersama MUI, Kemenag dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) membahas persiapan ibadah selama Ramadhan, digedung Induk Parasamya, Selasa (21/4/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul tengah mempersiapkan surat edaran mengenai imbauan kepada masyarakat supaya tidak melakukan kegiatan ibadah yang berpeluang menimbulkan kerumunan, selama Ramadan mendatang.

Dalam rapat bersama jajaran Forkompimda, MUI dan sejumlah Ormas Islam di Gedung Parasamya, Bantul pada Rabu (21/4/2020), Bupati Suharsono menuturkan bahwa imbauan tersebut merupakan tindak lanjut peraturan Kementerian Agama (Kemenag).

"Langkah ini bukan maunya saya sendiri, tapi sudah berdasarkan kesepakatan. Intinya, kami mengimbau  supaya tidak berkerumun dulu, misal salat tarawih berjamaah," katanya di sela rapat koordinasi.

Pemkab Bantul Imbau Warga agar Tarawih dan Tadarus di Rumah Saja

Suharsono pun bisa bernafas lega, karena wacana ini mendapat persetujuan seluruh peserta rapat, sehingga surat edaran dapat segera direalisasikan.

Oleh sebab itu, dirinya berharap ada kesepahaman dari semua warga masyarakat, terkait imbauan tersebut.

"Kita tidak serta merta melarang, hanya mengimbau dan ini ada dasar hukumnya, dari aturan Kemenag, agar tidak dilakukan dulu kegiatan ibadah yang membuat kerumunan masa," terangnya.

"Karena itu, ini jadi tugas kita bersama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Bukannya melarang untuk ibadah, tidak ya, hanya mengimbau, demi kebaikan bersama, supaya virus corona itu tidak melebar di wilayah kita," tambah Bupati.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis pun berharap agar ormas-ormas Islam bisa meneruskan imbauan ini kepada jamaah.

Menurutnya, Pemkab mendukung penuh edaran Kemenag, karena keduanya dinilai memiliki substansi yang serupa.

"Intinya tetap melakukan social distancing, termasuk ibadah. Kami berharap, kegiatan buka bersama, tarawih berjamaah, tadarus agar dilakukan di rumah masing- masing dulu ya, bersama keluarga, termasuk Jumatan juga ditiadakan," ujarnya.

Update Covid-19 di Bantul pada 20 April 2020, Tidak Ada Penambahan Kasus Covid-19

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved