Breaking News:

Sport

PON XX Ditunda? KONI DIY Tunggu Pemberitahuan Resmi

KONI DIY menunggu pemberitahuan resmi dari KONI Pusat maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga

dok.istimewa
Logo PON 2020 Papua 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKONI DIY menunggu pemberitahuan resmi dari KONI Pusat maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 Papua.

Sebelumnya, PON XX Tahun 2020 Papua direncanakan dimulai pada 20 Oktober hingga 2 November 2020, kemudian berubah menjadi tahun 2021.

Kesepakatan penundaan PON XX itu diputuskan di dalam rapat kerja antara Komisi X DPR RI dan Menpora Zainudin Amali.

KONI DIY Menanti Kepastian Terkait Penundaan PON XX Papua 2020

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) Djoko Pekik Irianto, mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu pemberitahuan resmi.

Walaupun diketahui pada Selasa (14/4/2020), Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kemenpora telah menyepakati penundaan karena pandemi Covid-19 tersebut dalam rapat kerja yang digelar secara virtual di Jakarta.

"Kalau penundaan memang harus kita tunggu, karena memang belum ada kepastian (dari KONI Pusat dan Kemenpora). Tapi memang ada kecenderungan untuk penundaan di tahun 2021," ujar Djoko seusai memimpin rapat di kantor KONI DIY pada Rabu (15/4/2020).

Akibat Corona, KONI DIY Putuskan Perpanjang Latihan Mandiri Atlet Puslatda PON XX

Namun demikian, Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) ini menyampaikan, pihaknya tentu telah menyiapkan beberapa opsi untuk merespon penundaan itu.

Dari segi waktu misalnya, KONI DIY mengusulkan supaya penundaan pelaksanaan PON tidak terlalu jauh dari jadwal semula. Sebab hal ini tentu akan berimbas pada membengkaknya anggaran Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XX.

"Usulan dari DIY, kalau mundur ya sekitar akhir bulan Maret atau awal April 2021," jelasnya.

Dengan asumsi, lanjut dia, pada awal Januari atau Februari 2021 anggaran daerah belum cair. Dan baru diperkirakan cair pada akhir Maret atau April 2021.

Perihal program Puslatda PON XX, dirinya memastikan hal ini akan tetap berjalan hingga tahun 2021. Walaupun saat ini anggaran yang telah dipersiapkan hanya tersedia hingga Oktober 2020.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved