Breaking News:

UGM Buka Layanan Call Center Psikososial COVID-19 Bagi Sivitas Akademika

Setelah membuka layanan call center Covid-19, kini UGM membuka call center psikososial Covid-19 bagi sivitas akademikanya.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Mona Kriesdinar
Tangkapan Layar ugm.ac.id
UGM lakukan pencegahan antisipasi virus corona 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Setelah membuka layanan call center Covid-19, kini UGM membuka call center psikososial Covid-19 bagi sivitas akademikanya.

Layanan call center psikososial ini dibuat sebagai upaya untuk memberikan dukungan pada mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan UGM dalam mengurangi beban psikologis dan sosial akibat pandemi Covid-19.

Tim Psikolog Satgas Covid-19 UGM, Dr.Diana Setiyawati, M.HSc.Psy mengatakan layanan ini utamanya untuk melayani mahasiswa yang merupakan kelompok paling rentan.

"Jika membutuhkan dukungan bisa menghubungi call center psikososial UGM di nomor 0811 285 1221," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Diana menyebutkan layanan dukungan sosial tersebut ditujukan mahasiswa dan sivitas akademik agar tetap berfungsi optimal dalam situasi krisis.

Nantinya setiap sivitas akademika yang menghubungi layanan ini akan diukur kebutuhannya.

Selanjutnya, dari hasil pengukuran itu akan dilakukan tindak lanjut.

"Misalnya, apakah diperlukan pendampingan psikososial selama menjalani phsyical distancing, bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, bantuan psikolog hingga psikiater," ungkapnya.

Dia menyampaikan layanan call center ini dikembangkan oleh tim Health Promoting University UGM bekerjasama dengan Center for Public Mental Health (CPMH) dan Unit Konsultasi Psikologi Fakultas Psikologi UGM.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved