Menyusul Isu Privasi dan Keamanan bagi Pengguna, Sekolah di New York Dilarang Pakai Zoom

Dianggap belum menjamin keamanan privasi pengguna, aplikasi Zoom jadi sorotan. Di New York Amerika Serikat bahkan sekolah dilarang pakai Zoom

PlayStore via kompas.com
Aplikasi Zoom Meeting 

TRIBUNJOGJA.COM - Aplikasi Zoom dianggap belum aman menyusul isu privasi yang dikabarkan membahayakan penggunanya. Merespons isu tersebut, Departemen Pendidikan Kota New York, Amerika Serikat (DOE) melarang penggunaan Zoom di sekolah-sekolah di wilayahnya.

Alternatifnya, sekolah-sekolah di New York tersebut diminta menggunakan Microsoft Teams yang merupakan platform serupa. 

Hal itu demi menunjang proses belajar dari rumah.

Sebagaimana diberitakan, aplikasi teleconference Zoom Meetings tengah menjadi sorotan, dikutip Tribun Jogja dari kompas.com.

Pasalnya, ada kekhawatiran terkait isu privasi yang melanda platform tersebut dan lantas berpotensi membahayakan penggunanya.

Kali ini, giliran Departemen Pendidikan kota New York, Amerika Serikat (DOE) yang melarang penggunaan Zoom di sekolah-sekolah di wilayahnya.

Larangan ini berlaku sesegera mungkin. Berdasarkan memo yang dilansir Chalkbeat, hal ini dilakukan setelah Departemen Pendidikan kota New York menerima sejumlah laporan yang berkaitan dengan isu keamanan di aplikasi Zoom.

"Mengacu pada ulasan DOE atas beberapa laporan yang masuk, kami tidak akan lagi mengizinkan penggunaan Zoom (di ranah pendidikan) untuk saat ini," tulis memo tersebut.

Sebagai alternatif, pihak DOE meminta beberapa sekolah untuk menggunakan platform serupa, yakni Microsoft Teams, untuk proses belajar mengajar dari rumah.

Sebab, selain disebut lebih aman, aplikasi tersebut juga diklaim sudah sejalan dengan peraturan yang melindungi hak dan privasi siswa di AS, atau biasa disebut FERPA.

Halaman
123
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved