Resmi Beroperasi, RS Khusus Virus Corona di Pulau Galang Siap Untuk Karantina TKI dari Malaysia

Resmi Beroperasi, RS Khusus Virus Corona di Pulau Galang Siap Untuk Karantina TKI dari Malaysia

Dok. Istimewa
Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, atau tepatnya berada di lokasi Eks Kamp. Vietnam di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepuluan Riau (Kepri) resmi beroperasi, Senin (6/4/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, BATAM – Setelah dikebut pembangunannya, Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 atau virus corona yang dibangun di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau akhirnya diresmikan pada Senin (6/4/2020).

Peresmian dilaksanakan langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono.

Rumah sakit yang menggunakan bangunan eks Kamp Vietnam di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Batam tersebut akan digunakan untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mudik ke tanah air, atau baru saja tiba di tanah air.

Para TKI tersebut baik yang datang dari Malaysia serta yang datang dari Singapura.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono meresmikan RS tersebut pada Senin, 6 April 2020.

Ia mengatakan jika RS ini akan dipimpin oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI M Sabrar Fadhil.

Para TKI akan ditampung dan dikarantina dulu di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, setelah itu dikembalikan ke kampungnya masing-masing jika dinyatakan sehat.

“Jadi selama karantina di sini, jika ada yang sakit bisa langsung dilakukan perawatan di RS Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini, bahkan apabila positif Covid-19, juga bisa langung diisolasi di sini,” kata Yugo Margono, melalui keterangan pers ke Kompas.com, Senin.

Hal ini dilakukan agar bisa membantu rumah sakit rumah sakit yang ada di daerah yang saat ini sedang kewalahan menangani ribuan TKI yang mudik.

Para TKI tersebut masuk melalui Kepri, mulai dari Kabupaten Karimun, Tanjungpinang maupun Batam.

Mbah Ngatirah, Saksi Hidup Pagebluk Pes : Suami Istri yang Meninggal Bersama Dikubur Pokcuk

Gubernur DIY Minta Kabupaten Kota Agar Kelurahan Punya Tempat Isolasi

Halaman
12
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved