Breaking News:

Yogyakarta

Sepi Penumpang Akibat Wabah Virus Corona, Bus AKAP di Yogyakarta Pilih Berhenti Beroperasi

Sepi Penumpang Akibat Wabah Virus Corona, Bus AKAP di Yogyakarta Pilih Berhenti Beroperasi

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Suasana di Terminal Giwangan Yogyakarta. Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berencana merevitalisasi terminal ini tahun 2020. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perusahaan Otobus (PO) di Terminal Giwangan jurusan Jakarta mulai berhenti operasi lantaran sepinya penumpang akibat wabah virus corona.

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan, Bekti Zunanta mengatakan semakin hari penumpang datang dan berangkat mengalami penurunan, bahkan mencapai 50 persen.

Jika biasanya 70 bus datang dari Jakarta, saat ini hanya ada dua bus saja yang datang, itu pun hanya dengan dua penumpang saja.

"Banyak yang sudah tidak jalan. Ramayana tidak jalan, Sinar Jaya tidak jalan, ada yang mengirimkan surat pemberitahuan kalau tidak mengangkut penumpang lagi, ada juga yang langsung berhenti narik,"katanya, Minggu (5/4/2020).

"Jadi kebanyakan bus yang di terminal itu hanya parkir saja. Ada yang kemarin bawa penumpang ke Jakarta, tetapi penumpang sedikit sekali, akhirnya cuma diantar ke Purworejo, biar ikut rombongan lain,"sambungnya.

Kronologi Sopir Ambulans di Pekanbaru Curi Masker Milik Puskesmas, Dijual Rp 5 Juta di Toko Online

Ia menjelaskan sebagian besar busa tidak berani mengambil risiko. Dengan penumpang yang sedikit, bus tidak berani melanjutkan perjalanan, sebab tak mampu membiayai pengeluaran bus, seperti untuk membeli solar.

"Kemarin ada yang mau ke Surabaya, penumpang cuma dua. Akhirnya ya tidak jadi narik, karena tidak berani beli solar,"terangnya.

Jika masih ada bus yang masih melayani penumpang, pihaknya meminta bus untuk menerapkan pembatasan jarak antar penumpang, menyediakan masker, juga hand sanitizer.

Terminal Giwangan juga melakukan pengecekan pada penumpang yang datang.

Selain mengecek suhu tubuh penumpang, bus yang baru datang juga disemprot disinfektan. Seluruh area terminal pun rutin disemport disinfektan, terutama area yang sering dikunjungi penumpang.(Tribunjogja/Christi Mahata Wardhani)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved