Update Corona di DI Yogyakarta

Prosedur Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 Sesuai Standar WHO

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D, Sp.MK., menegaskan masyarakat tidak perlu b

www.instagram.com/evarahmisalama
Seorang warganet bagikan foto pemakaman jenazah pasien virus corona tanpa pelayat. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Fenomena penolakan pemakaman jenazah pasien positif corona (Covid-19) terjadi di sejumlah wilayah Indonesia

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D, Sp.MK., menegaskan masyarakat tidak perlu bereaksi berlebihan dalam menghadapi jenazah pasien yang meninggal akibat infeksi virus corona, bahkan hingga menolak pemakamannya. 

Sebab rumah sakit telah menangani jenazah sesuai panduan medis yang memastikan keamanannya. 

Salah satunya jenazah dibungkus plastik atau kantong jenazah yang tidak mudah tembus.

Ahli Forensik Jelaskan Tahapan Penanganan Jenazah Covid-19, Pastikan Aman dan Tak Cemari Lingkungan

"Dengan menjalani semua prosedur pemakaman jenazah Covid-19, sesuai guideline dari Kemenkes, Kemenag, dan MUI, maka tidak akan menimbulkan penularan. Semestinya tidak ada penolakan," ujarnya, Jumat (3/4/2020).

Pakar mikrobiologi ini menjelaskan ketika jenazah telah dibungkus dan dikubur maka virus akan ikut mati. 

Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus didalamnya tidak akan berkembang. 

Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah, lantai, maupun barang yang akan mati dalam jangka waktu tertentu. 

Risiko penularan jenazah positif Covid-19 ke manusia akan minimal apabila seluruh langkah pemulasaran dilakukan sesuai pedoman penanganan yang dikeluarkan Kemenkes. 

Antara lain, petugas kesehatan memakai APD saat pemulasaran jenazah, jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah, jangan ada kebocoran cairan tubuh yang mencemari bagian luar kantong jenazah, dan sesegera mungkin memindahkan ke kamar jenazah.

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved