Dua Sejoli Ini Menikah di Kantor Polisi Karena Tolak Tunda Pernikahan di Tengah Wabah Corona

Sepasang calon suami istri enggan menunda pernikahan di tengah wabah virus corona. Mereka akhirnya memutuskan untuk menikah di kantor polisi.

Dua Sejoli Ini Menikah di Kantor Polisi Karena Tolak Tunda Pernikahan di Tengah Wabah Corona
PETRAS MALUKAS / AFP
ILUSTRASI: Pengantin pria Lituania, Dainius dan mempelai perempuannya, Ramune berpose untuk fotografer, mengenakan topeng pelindung terhadap coronavirus baru setelah upacara pernikahan mereka di Vilnius, Lithuania pada 28 Maret 2020.

TRIBUNJOGJA.COM, BARGARH - Sepasang calon suami istri enggan menunda pernikahan di tengah wabah virus corona. Mereka akhirnya memutuskan untuk menikah di kantor polisi. Peristiwa ini terjadi di Bargarh, India, pada Selasa (31/3/2020).

Seremoni dilakukan di kantor polisi Bargarh di hadapan para polisi, tanpa ritual rutin yang biasanya dilakukan warga India.

Kedua mempelai bernama Pabitra Sahu dan Laxmi Meher itu sebelumnya telah kawin lari. Namun ketika mereka pulang untuk bersiap melangsungkan pesta pernikahan, semua rencana awal gagal setelah India memberlakukan lockdown.

Dilansir dari New Indian Express, ini adalah pernikahan kedua Pabitra. Pekerja dengan upah harian itu ditinggal mati istri pertamanya beberapa tahun lalu. Sementara itu Laxmi tinggal dengan ibunya setelah ayahnya meninggal.

Pabitra dan Laxmi sebenarnya sudah lama berhubungan, tapi ibu Laxmi sempat menentang pernikahan karena perbedaan kasta dan alasan lainnya. Atas dasar itulah Pabitra dan Laxmi kawin lari, setelah ibu Laxmi mengaku keberatan merestui pernikahan anaknya.

Namun, seorang pekerja sosial setempat bernama Ramesh Mahapatra berhasil mendamaikan kedua kubu melalui mediasinya.

Ramesh berkata, "Ibu Laxmi juga seorang pekerja sosial yang terkait erat dengan organisasi kami." "Ketika dia memberi tahu saya tentang kawin lari Laxmi, kami mencoba meyakinkannya untuk menyetujui pernikahan itu."

Ramesh kemudian menuju polisi kota dan berbicara dengan petugas Amarendra Rana. Petugas polisi lalu mengatakan mereka akan membantu upacara pernikahan di kantor polisi, karena KUA sudah ditutup.

Pabitra dan Laxmi kemudian mengadakan pernikahan di kantor polisi distrik Bargarh, tanpa ritual rutin dan di hadapan personil polisi. Selanjutnya kedua mempelai dibawa ke kantor polisi untuk melalui prosesi berikutnya.

Pengantin pria memberi jaminan tertulis dia akan merawat Laxmi setelah menikah. Pabitra dan Laxmi lalu cuci tangan sebelum bertukar sumpah pernikahan, dengan ritual seminimal mungkin di hadapan staf polisi dan beberapa orang lainnya.

Sebagai hidangan pernikahan, pasangan itu membagikan biskuit di antara para tamu yang hadir, karena semua toko makanan sudah tutup.

Petugas polisi lalu memberikan masker dan sebatang sabun ke Pabitra serta Laxmi, dan mengimbau mereka untuk mematuhi aturan lockdown. New Indian Express mengabarkan, social distancing tetap dilaksanakan selama pernikahan berlangsung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Enggan Tunda Pernikahan karena Wabah Corona, Pasangan Ini Menikah di Kantor Polisi" 

Editor: Joko Widiyarso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved