KRONOLOGI Pasien Positif Covid-19 Pertama di Klaten, Warga Diimbau Tetap Tenang dan Waspada

Kronologi pasien positif covid-19 pertama di Kabupaten Klaten, bupati langsung tetapkan status KLB

covid19.kemkes.go.id
Informasi dan update Virus Corona di Indonesia 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani, menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) di wilayah kabupaten Klaten, Rabu (1/4/2020).

Hal itu menyusul dengan adanya satu pasien positif virus corona covid-19 pertama di kabupaten Klaten.

"Pasien ini sudah dirawat di RS rujukan dan memasuki hari ke-11. Kondisi pasien dalam keadaan stabil. Informasi yang kami peroleh pasien memiliki mobilitas tinggi, habis melakukan perjalanan dengan transportasi umum dari Jakarta-Jogja dan dilanjutkan ke Surabaya-Klaten," ungkap Bupati Klaten, Sri Mulayni, saat jumpa pers di Pendopo Agung Setda Klaten, Rabu (1/4/2020).

Ditambahkan, pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki dan berusia 48 tahun. Profesinya adalah karyawan swasta.

BREAKING NEWS : Kasus Positif Covid-19 Pertama di Klaten, Bupati Langsung Tetapkan Status KLB

Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo, menjelaskan bahwa pasien tersebut dalam kurun tanggal 6 Maret sampai 16 Maret 2020, melakukan perjalanan ke Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Disinyalir, pasien tersebut tertular saat berada di Surabaya pada kurun waktu tanggal 10-12 Maret 2020 bersama temannya yang sebelumnya terkonfirmasi positif.

“Pada tanggal 20 dan 21 Maret 2020 pasien mengalami keluhan diare disusul batuk dan akhirnya melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Petugas medis di rumah sakit sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian pada tanggal 31 Maret 2020 hasil pemeriksaan dari BPTKLPP Yogyakarta menyatakan bahwa pasien tersebut terkonfirmasi positif,” jelas Cahyono.

Guna mencegah perkembangan Virus Corona, Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin langsung aksi penyemprotan disinfektan di 10 pusat keramaian yang ada di Kabupaten Klaten, Kamis (19/3/2020)
Guna mencegah perkembangan Virus Corona, Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin langsung aksi penyemprotan disinfektan di 10 pusat keramaian yang ada di Kabupaten Klaten, Kamis (19/3/2020) (Dok Pemkab Klaten)

Begitu diketahui hasil tersebut, jelas Cahyono, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten langsung melakukan pelacakan (tracing) siapa saja yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien.

Dinas Kesehatan pun sudah melakukan pemeriksaan kepada 29 orang yang ditengarai melakukan kontak langsung.

Halaman
12
Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved