Tips Membersihkan Mika Lampu yang Kusam Kembali Kinclong dengan Pasta Gigi

Seiring berjalannya waktu, mika lampu kendaraan baik itu motor atau mobil Anda akan berubah menjadi kusam

driving.co.uk
mika lampu mobil kusam 

Tips Membersihkan Mika Lampu yang Kusam

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, mika lampu kendaraan baik itu motor atau mobil Anda akan berubah menjadi kusam. Selain mengurangi fungsinya, mika lampu yang kusam juga akan mengurangi estetika atau keindahan kendaraan Anda.

Tapi tahukah kamu bahwa mika lampu yang kusam bisa diperbaiki hanya dengan menggunakan pasta gigi?

“Tapi kalau lampu sudah buram dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga,” kata Riko pemilik bengkel RH Garage di Bintaro Trade Center Blok H2-41 kepada kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, banyak faktor yang membuat mika lampu jadi kusam, mulai dari usia motor, pemakaian bohlam lampu yang tidak sesuai standar sampai retakan kecil.

"Bisa karena pernah memakai bohlam lampu yang tidak standar atau memang usia pakai yg sudah terlampau lama, atau bisa juga ada lubang kecil atau retakan yang mengakibatkan debu, kotoran, air masuk ke dalam mika lampu, mengakibatkan pengembunan sehingga lama kelamaan menjadi kusam," kata Herman.

Jika belum terlalu kusam maka masih bisa dibersihkan dengan berbagai cara, tapi kalau sudah terlalu parah, kata Herman, maka satu-satunya cara yaitu dengan menggati yang baru.

"Saran yang dapat dilakukan hanya satu, yaitu ganti mika dengan yang baru, karena jika tidak diganti atau hanya dibersihkan tetap saja keawetannya tidak akan lama," katanya. (*)

==

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Di Rumah Aja, Bisa Bersihkan Mika Lampu Motor Pakai Pasta Gigi

Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved