Pakar: Wabah Corona di Inggris Mulai Melambat

Wabah virus corona di Inggris terlihat melambat. Hal itu dinyatakan seorang pakar top pemerintah, hari ini.

Pakar: Wabah Corona di Inggris Mulai Melambat
dailymail.co.uk
Tabel korban infeksi corona di Inggris Raya

TRIBUNJOGJA.COM, LONDON - Wabah virus corona di Inggris terlihat melambat. Hal itu dinyatakan seorang pakar top pemerintah, hari ini.

Profesor Neil Ferguson mengatakan dia telah mendeteksi tanda-tanda awal bahwa penyebaran sedang dicegah oleh lockdown atau penguncian, dengan tingkat peningkatan penerimaan pasien rumah sakit berkurang.

Tetapi Profesor Ferguson -salah satu penulis laporan Imperial College London yang meyakinkan pemerintah untuk memperketat upayanya untuk menghentikan virus- memperingatkan kematian masih cenderung meningkat tajam karena mereka tertinggal dua atau tiga minggu di belakang infeksi baru.

Dia juga menyebut bahwa hingga tiga persen dari Inggris -sekitar dua juta orang- mungkin sudah terinfeksi, dan mungkin setinggi lima persen di London.

Seorang ilmuwan pemenang Hadiah Nobel dari Universitas Stanford hari ini juga mengklaim bahwa wabah koronavirus di New York City dan Italia melemah.

Profesor Michael Levitt, yang secara akurat memprediksi runtuhnya krisis China setelah menganalisis data mentah, menambahkan wabah Spanyol juga terlihat melambat.

Berbicara di program Today di BBC Radio 4, ahli epidemiologi terkemuka Prof Ferguson mengatakan: "Kami pikir epidemi ini baru mulai melambat di Inggris sekarang ... itu adalah hasil dari tindakan yang telah diambil dan diambil oleh pemerintah."

Dia mengatakan jumlah kematian adalah indikator yang dapat diandalkan dari wabah, tetapi memberi Anda gambaran dari dua hingga tiga minggu lalu.

"Di Inggris kita dapat melihat beberapa tanda awal perlambatan pada beberapa indikator -lebih sedikit kematian karena kematian memang terlambat dalam waktu yang lama," katanya.

"Tetapi jika Anda melihat jumlah penerimaan rumah sakit baru per hari misalnya, itu tampaknya sedikit melambat sekarang."

Prof Ferguson menekankan tingkat penerimaan di rumah sakit 'belum tinggi' tetapi tingkat kenaikan tampaknya melambat.

Halaman
12
Penulis: Joko Widiyarso
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved