Wabah Virus Corona

Tips Mencegah Virus Corona di Transportasi Umum dan Tempat Ibadah

Jika memang tidak memungkinkan untuk menghindari transportasi umum, usahakan untuk menghindari naik kendaraan umum dalam kondisi penuh

Kompas.com/Garry Lotulung
Tips Mencegah Virus Corona di Transportasi Umum dan Tempat Ibadah 

Tips Mencegah Virus Corona di Transportasi Umum dan Tempat Ibadah

TRIBUNJOGJA.COM - Dari update virus corona yang disampaikan pemerintah Jumat (27/3/2020) jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 1.046 orang.

Pemerintah dan sejumlah pihak mewanti-wanti warga untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona.

Tagar #DiRumahAja digaungkan di media maya sebagai dukungan terhadap upaya pemerintah dan tenaga medis dalam menghadapi wabah virus corona atau COVID-19 yang saat ini tengah mewabah di Indonesia.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH, berkata bahwa seharusnya dalam kondisi merebaknya wabah COVID-19 dan terjadi penularan antar-warga lokal Indonesia, sebisa mungkin untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

Namun, bagaimana bila Anda terpaksa menggunakan transportasi publik untuk pergi bekerja atau ada keperluan untuk beribadah di tempat ibadah?

Transportasi umum

Penumpang MRT di Jakarta dengan peraturan kursi tertentu untuk memastikan jarak sosial, 22 Maret 2020.
Penumpang MRT di Jakarta dengan peraturan kursi tertentu untuk memastikan jarak sosial, 22 Maret 2020. (ADEK BERRY / AFP)

Menurut Panji, hal yang paling ideal untuk dilakukan memang adalah menghindari penggunaan trasportasi publik.

"Malahan, sebaiknya menghindari keluar rumah," kata Panji kepada Kompas.com (21/3/2020).

Akan tetapi, jika memang tidak memungkinkan untuk menghindari transportasi umum, usahakan untuk menghindari naik kendaraan umum dalam kondisi penuh penumpang.

Cegah Penularan Virus Corona Semakin Meluas, Pemerintah Minta Masyarakat Tak Mudik Dulu

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved