Update Corona di DI Yogyakarta

Sidak, DPRD Kabupaten Magelang : RS Merah Putih Mesti Siap Tangani Covid-19

Rumah sakit yang baru diresmikan dan belum operasional ini, dicek kesiapannya, jika sewaktu-waktu ditunjuk sebagai tempat penanganan Covid-19.

istimewa
Sidak yang dilaksanakan oleh rombongan DPRD Kabupaten Magelang ke RS Merah Putih, Blondo, Mungkid, Magelang, Jumat (27/3/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sidak dilakukan oleh segenap anggota DPRD Kabupaten Magelang di Rumah Sakit Merah Putih, Kabupaten Magelang, Jumat (27/3/2020).

Rumah sakit yang baru diresmikan dan belum operasional ini, dicek kesiapannya, jika sewaktu-waktu ditunjuk sebagai tempat penanganan Covid-19.

“Kami ingin melihat sejauh mana kesiapan Pemkab Magelang khususnya RS Merah Putih menghadapi Covid-19. Terutama jika terjadi peningkatan jumlah korban (pasien) baik yang positif, PDP maupun ODP,” kata Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto, Jumat (27/3/2020) di sela penyidakan.

Dalam sidak, rombongan masih menemukan sejumlah kekurangan pada rumah sakit.

RST dr Soedjono Magelang Rawat 2 Pasien Positif Corona, 1 Orang Meninggal Dunia

Pertama, sumber daya manusia baik tim para medis dan dokter belum tersedia dengan baik.

Kedua, Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan Covid-19 juga belum tersedia.

"Ada beberapa hal yang menjadi catatan, kami harapkan Bupati Magelang untuk segera mengantisipasinya. Jangan menunggu semakin banyak korban jiwa. Kalau bisa secepatnya. Apalagi, Presiden sudah mengeluarkan Inpres untuk mengalihkan APBD yang tidak mendesak untuk menangani covid-19,” imbuh Mahmud SH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti, menuturkan, RSUD Muntilan telah ditunjuk sebagai RS rujukan untuk menangani pasien Covid-19.

Selain itu, ada tiga rumah sakit yang akan dijadikan sebagai rumah sakit pendamping jika terjadi peningkatan jumlah pasien Covid-19.

Gejala Virus Corona Selain Batuk dan Sesak Napas, Berdasarkan Pengalaman Pasien Positif COVID-19

Tiga rumah sakit itu adalah RS Merah Putih, RS Aisyah Muntilan dan RS Subhanul Waton Tegalrejo.

Soal temuan dari dewan akan dicatat dan saat ini masih dalam proses penyiapan.

“Untuk APD dan lainnya, saat ini masih kami upayakan. Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah propinsi. Semoga tidak lama lagi,” ungkapnya.

Sidak sendiri dilaksanakan oleh pimpinan dan Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, melakukan sidak ke Rumah Sakit (RS) Merah Putih di Blondo, Kecamatan Mungkid, Jumat (27/3/2020).

Meski baru diresmikan Januari kemarin dan belum operasional, namun RS ini akan dijadikan satu dari beberapa RS untuk menampung pasien Covid-19 jika terjadi peningkatan jumlah pasien. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved