Wabah Virus Corona

Pakai Jas Hujan & Kaca Mata Las, Petugas Medis di Daerah Ini Berjibaku di Tengah Ancaman COVID-19

Pakai Jas Hujan & Kaca Mata Las, Petugas Medis di Daerah Ini Berjibaku di Tengah Ancaman COVID-19

FITRI RACHMAWATI via kompas.com
inilah petugas medis di Puskesmas Aikmel Lombok Timur, mereka terpaksa mengantikan APD (Alat Pelindung Diri) dengan jas hujan untuk menangnai pasien dengan gejala Corona Covid-19. Mereka berharap bantuan APD segera tiba. 

TRIBUNJOGJA.COM - Alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai petugas kesehatan di tengah wabah Virus Corona berikut ini bisa dibilang tidak memadai. Para petugas medis hanya mengenakan jas hujan, salah satunya, karena kurangnya APD yang sesuai standar. 

Hal ini dialami para petugas kesehatan di Puskesmas Aikmel, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Para petugas medis tersebut terpaksa menggunakan jas hujan sebagai pengganti Alat Pelindung Diri (APD), untuk menangani pasie kasus COVID-19.

Kepala Puskesmas Aikmel, Mawardi mengatakan, petugas medis di Puskesmas Aikmel harus berjibaku dengan ancaman COVID-19 dengan APD seadanya.

Jas hujan motif polkadot di beli di sejumlah toko.

"Tim medis kami pakai jas hujan, tutup kepalanya pakai plastik shower (plastik penutup kepala) yang digunakan untuk mandi, kaca mata google untuk ngelas itu, itu yang kami pakai. Tim medis kami tetap memakai masker, sarung tangan, kalau ada sepatu boot mereka pakai tanpa lapisan lain sebelum memakainya," jelas Mawardi saat dikonfirmasi, Jumat (27/3/2020).

Kondisi ini membuat petugas medis di Puskesmas Aikmel merasa khawatir dan takut, meski mereka tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi warga.

Namun, tentu saja APD yang tidak memadai menyulitkan para petugas.

Seperti yang mereka tangani baru baru ini, di mana seorang pasien sempat kontak dengan salah seorang pasien positif Virus Corona.

Pasien itu harus dibawa ke rumah sakit rujukan, sementara petugas medis puskesmas tidak memilki APD yang memadai.

Halaman
1234
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved