Kulon Progo

Bupati : Kulon Progo Miliki Kategori Tambahan yakni ODC Terkait Upaya Pencegahan COVID-19

Semakin banyaknya pendatang di Kulon Progo khususnya dari berbagi kota yang terdampak Covid-19 ataupun yang dinilai sebagai zona merah, menjadi perhat

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Semakin banyaknya pendatang di Kulon Progo khususnya dari berbagi kota yang terdampak Covid-19 ataupun yang dinilai sebagai zona merah, menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo, Jumat (27/3/2020) menyampaikan bahwa sesuai dengan perintah Gubernur mengenai penanganan pendatang, Kulon Progo sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi.

Menurut penuturannya, saat ini jawatannya sudah memerintahkan ke unit-unit mulai dari Panewu dan diteruskan hingga ke Kalurahan serta Padukuhan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan bagi warga pendatang khususnya yang berasal dari Kota terdampak COVID-19.

“Tidak hanya pendataan saja, para pendatang juga diajak untuk melakukan isolasi mandiri. Sampai pagi menurut laporaan instruksi sudah sampai ke mereka (kepala dukuh) dan sudah bergerak,” katanya.

Dua PDP Covid-19 di DIY Meninggal Dunia, Salah Satunya Punya Riwayat dari Jakarta

Para pendatang tersebut selain dicatat dan dilaporkan juga akan dipantau.

Nantinya jika ada indikasi-indikasi medis seperti demam, suhu tinggi, batuk, sesak nafas dan seterusnya, harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat yakni puskesmas.

Pencatatan ini menurut Sutedjo, merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

“Jadi selain beberapa kategori yang sudah ditentukan oleh Pemerintah, di Kulon Progo ada tambahan satu kriteria, yakni orang dalam catatan (ODC), setiap pendatang yang sakit maupun tidak sakit, akan dicatat,” tuturnya.

Selain pencatatan di wilayah-wilayah, Bupati menjelaskan bahwa pencatatan juga dilaksanakan disetiap pintu masuk ke Kulon Progo.

Halaman
12
Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved