Lawan Banjir Hoaks Covid-19, Japelidi Bikin Konten Digital dalam 42 Bahasa Daerah

Japelidi kampanyekan konten akurat anti hoaks seputar Covid-19 melalui media sosial maupun aksi di lapangan.

TRIBUN-JOGJA.com – Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) menyarikan dan memproduksi beragam informasi akurat terkait coronavirus disease (Covid-19) atau virus corona ke dalam bentuk video dan poster edukatif untuk masyarakat.

Jaringan yang sebagian besar anggotanya dosen dari 78 perguruan tinggi di 30 kota di Indonesia ini lantas membuat beragam konten dalam berbagai bahasa.

Koordinator Japelidi yang juga merupakan Ketua Program Magister Ilmu Komunikasi Fisipol Umiversitas Gajah Mada (UGM) Novi Kurnia mengatakan, konten tersebut dibuat agar bisa lebih dekat dengan keseharian masyarakat yang majemuk.

“Untuk mengimbangi banjir hoaks yang menyesatkan warga di saat pandemi ini, kami membuat beragam konten digital 'Jaga diri dan Jaga Keluarga' ke dalam 42 bahasa daerah, selain bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin,” terangnya.

Dia menambahkan, produksi konten berbahasa daerah ini masih akan bertambah sesuai kebutuhan masyarakat.

Untuk menyebarkan konten berbahasa daerah tersebut, Japelidi bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), dan Komunitas “Berbeda Itu Biasa”.

Adapun, penyebaran konten dilakukan melalui akun Instagram dan Twitter Japelidi yang bernama sama, yaitu @japelidi.

Tak hanya itu, penyebaran juga dilakukan melalui akun media sosial dan grup WhatsApp para anggota Japelidi yang berjumlah 163 orang dengan membagikan poster digital.

Beberapa poster hasil karya Japelidi, seperti “Jaga diri dan Jaga Keluarga”, “Perlindungan Data Pribadi”, dan “Sumber Informasi Terpercaya”, serta videografis tips menemani anak belajar di rumah.

Terkait publikasi tersebut, Novi menyebut warganet menanggapinya sangat positif.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved