Breaking News:

Cegah Penularan Virus Corona, Sejumlah Objek Wisata di Kulon Progo Pilih Tutup

Cegah Penularan Virus Corona, Sejumlah Objek Wisata di Kulon Progo Pilih Tutup

istimewa
Obyek wisata Pule Payung, Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sejumlah obyek wisata di Kulon Progo saat ini telah memutuskan untuk menutup sementara waktu aktivitas pelayanannya sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Diketahui objek-objek wisata yang ditutup merupakan objek wisata yang dikelola swadaya oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Niken Probo Laras, Senin (23/3/2020) membenarkan adanya penutupan sejumlah obyek wisata di Kulon Progo.

Menurut penuturannya, sebagian obyek wisata tersebut ditutup berdasarkan inisiatif pengelola objek wisata.

Menurut catatan dinas Pariwisata Kabupaten, obyek wisata yang sudah dilaporkan tutup sementara waktu yakni Kalibiru, Pule Payung, Canting Mas dan Desa Wisata Ayunan Langit.

"Pengelola Desa Wisata Nglinggo juga sudah menyampaikan kepada kami akan segera menutup aktivitas wisata, selain itu dari informasi yang kami terima Jogja Agro Tekno Park yang dikelola Dinas Pertanian DIY juga telah ditutup," kata Niken.

Cegah Penularan Virus Corona, Bupati Magelang Imbau Kegiatan dengan Massa Banyak Ditunda

Sejumlah RS Membuka Donasi Peralatan Pendukung Untuk Penanganan Covid-19

Niken mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mengeluarkan kebijakan yang secara tertulis mengatur tentang penutupan obyek wisata.

Saat ini, aturan yang digunakan pihaknya yakni Surat Edaran (SE) Bupati Kulon Progo no 440/1197 tentang Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi COVID-19 di Kabupaten Kulonprogo.

Ditambahkan olehnya, dalam SE tersebut tidak menyinggung mengenai penutupan obyek wisata, namun berisi mengenai imbauan kepada pengelola untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat, serta meniadakan segala kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

"Sementara kami masih mengacu SE Bupati, kalau sampai ke penutupan, aturan ada di Dinas Pariwisata DIY, kami juga belum tau isi aturan itu, saat ini kami masih menunggu SE Provinsi terbit," jelasnya.

Sementara itu pengelola salah satu objek wisata Bukit Wisata Pule Payung, Eko Purwanto, menyampaikan bahwa telah menghentikan seluruh aktivitas wisata sejak Sabtu (21/3/2020) hingga Sabtu (4/4/2020).

"Penutupan ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," ujarnya.

Di sisi lain, pengelola Objek Wisata Kali Biru menyampaikan bahwa pihaknya juga menutup segala bentuk aktivitas wisata hingga 3 April mendatang.(Tribunjogja/Andreas Desca)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved