Breaking News:

Cegah Penularan Virus Corona, KPU Bantul Tunda Sejumlah Tahapan Pemilihan

Cegah Penularan Virus Corona, KPU Kabupaten Bantul Tunda Sejumlah Tahapan Pemilihan

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Hari Susmayanti
Tribunjogja/Ahmad Syarifudin
Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Coronavirus Disease atau COVID-19 sedang merebak di sejumlah wilayah Indonesia.

Tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Untuk mengantisipasi penyebaran semakin meluas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul menunda sejumlah tahapan pemilihan.

"Sesuai dengan keputusan KPU RI nomor 179 tertanggal 21 Maret 2020, ada empat tahapan pemilihan yang dilakukan penundaan," terang Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho,S.Ant, Minggu (22/3/2020)

Tahapan yang dilakukan penundaan, antara lain, pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa yang seharusnya dilaksanakan tanggal 22 Maret 2020.

Kemudian ada penundaan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang seharusnya dilakukan pada tanggal 26 Maret 2020 sampai 15 April 2020.

Selanjutnya, tahapan yang ditunda lainnya adalah verifikasi untuk dukungan calon perseorangan.

Namun demikian, di KPU Bantul tahapan untuk dukungan calon perseorangan ini tidak menjalankan. "Karena memang di Bantul tidak ada calon perseorangan yang lolos verifikasi," terangnya.

85 Anggota PPK Dilantik, KPU Bantul Ingatkan Independensi

Stok Darah Kulon Progo Turun Drastis, PMI Imbau Warga Donor Darah di Kantor PMI

Tahapan lainnya yang mengalami penundaan adalah pemutakhiran data pemilih.

Proses ini meliputi penyusunan daftar pemilih oleh KPU Kabupaten untuk kemudian diserahkan ke panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa.

Data pemilih tersebut seharusnya akan dilakukan pencocokan dan penelitian ditanggal 18 April 2020 sampai dengan 17 Mei 2020.

Didik mengatakan, dengan adanya penundaan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait seperti Pemerintah Kabupaten Bantul, Polres dan Bawaslu Bantul.

Selain itu, berdasarkan keputusan KPU RI tertanggal 21 Maret tersebut, pihaknya mengaku akan segera menerbitkan keputusan KPU Bantul mengenai penundaan tahapan pemilihan.

Meski ada penundaan disejumlah tahapan, pemungutan suara dipastikan sampai dengan saat ini masih tetap sama. Sesuai dengan jadwal sebelumnya. "Di tanggal 23 September 2020," ucap Didik.

Ia juga mengatakan, sejauh ini koordinasi dengan Penyelenggara Pemilihan yang sudah terbentuk, terutama dengan PPK Kecamatan tetap dilakukan, melalui media online.

Hal ini untuk memastikan bahwa tahapan Pemilihan tetap dapat berjalan.

"Meskipun tanpa melalui pertemuan secara langsung," ucap dia. (Tribunjogja/Ahmad Syarifudin)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved