Breaking News:

Kota Yogya

Antisipasi Pencegahan Virus Corona, BPBD Kota Minta Masyarakat Buat Disinfektan Mandiri

Antisipasi Pencegahan Virus Corona, BPBD Kota Minta Masyarakat Buat Disinfektan Mandiri

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Hari Susmayanti
covid19.kemkes.go.id
Informasi dan update Virus Corona di Indonesia 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta meminta masyarakat untuk melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri.

Tujuannya untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Kota Yogyakarta.

Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi mengatakan masyarakat bisa membuat desinfektan sendiri dengan cairan pembersih lantai yang dicampurkan dengan air.

Cair pembersih lantai yang bisa digunakan adalah cairan pembersih lantai yang mengandung desinfektan.

"Masyarakat bisa membuat secara mandiri, tidak harus yang bermerk. Karena yang bermerk juga habis dipasaran. BPBD Kota memakai chlorine atau kaporit yang dicampur air. Kalau kaporit kan agak bau, bisa ditambah sedikit pewangi kalau pengen wangi. Masyarakat bisa gunakan cairan pembersih lantai yang ada desinfektannya,"katanya, Minggu (22/03/2020).

Cegah Penularan Virus Corona, Dinas Kesehatan Sleman Imbau SKPD dan BUMD Buat Disinfektan Mandiri

Reresik Jogja, BPBD DIY Gandeng Polda DIY Bersih-bersih di Fasilias Publik

Ia melanjutkan penyemprotan desinfektan tersebut sebaiknya di luar rumah, seperti halaman, tangga, atau lantai. Sementara bagian dalam rumah tidak perlu disemprot, melainkan cukup dilap dengan desinfektan tersebut.

Tentu saat melakukan penyemprotan atau pembersihan diperlukan alat pelindung diri, seperti masker, kacamata, atau sarung tangan.

"Kalau desinfektan kan sifatnya korosif, jangan semuanya disemprot. Lantai masih bisa disemprot, tetapi kalau dalam rumah kan ada alat listrik, bahaya, nanti bisa konslet juga. Maka yang di dalam dilap saja,"lanjutnya.(Tribunjogja/Christi Mahatma Wardhani)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved