Bisnis

Grab Manfaatkan Big Data Untuk Berbagai Fitur Pendukung

Laporan We Are Social 2020 - Digital 2020 Indonesia menunjukkan bahwa 75 persen pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubung

grab.com
Ilustrasi Grab 

TRIBUNJOGJA.COM - Laporan We Are Social 2020 - Digital 2020 Indonesia menunjukkan bahwa 75 persen pengguna internet Indonesia menggunakan aplikasi mobile yang berhubungan dengan pemetaan.

Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa ada 21,7 juta orang yang menggunakan layanan ride-hailing.

Sebagai platform yang terlibat di bidang transportasi, Grab juga berupaya menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan kemacetan saat ini.

Untuk bisa terus berinovasi, Grab memanfaatkan big data untuk menyediakan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah keseharian masyarakat.

Langkah Antisipatif Grab Perangi Covid-19

Ariek Wisnu Wibisono selaku Head of MapOps, Grab Indonesia menjelaskan sebagai bagian dari tim pemetaan di Grab, data mempunyai peran penting dalam menentukan inovasi apa yang akan diciptakan selanjutnya.

Sejalan dengan komitmen GrabForGood, Grab ingin memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital.

"Menyediakan platform yang aman, nyaman dan terus berinovasi untuk menyesuaikan kebutuhan mereka menjadi hal yang paling penting," ujarnya dalam keterangan tertulisnya Jumat (20/3/2020).

Ada 4 pendekatan yang selalu menjadi tumpuan Grab dalam menggunakan teknologi untuk menghadirkan kebaikan yaitu mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perilaku masyarakat menggunakan pendekatan hyperlocal untuk mengatasi kebutuhan serta permasalah yang berbeda di tiap wilayah.

Kisah Sopir Grab yang Minta untuk Istighfar Berhasil Luluhkan Hati Begal, Langsung Kendorkan Jeratan

Serta meningkatkan efisiensi transportasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendorong perubahan positif.

"Pendekatan tersebut kami tuangkan dalam sebuah sistem mapping untuk dapat memberikan kesempatan mendapatkan penghasilan yang lebih efisien bagi mitra pengemudi dan pengalaman pemesanan yang lebih mudah bagi pelanggan," katanya.

Pemetaan menjadi kunci penting bagi seluruh orang yang tergabung dalam ekosistem Grab.

"Grab berharap dapat menciptakan lebih banyak inovasi yang didukung oleh teknologi dan memberikan layanan yang inovatif dan membawa dampak positif bagi pengguna,” tutur dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved