Breaking News:

Program Sarjana Terapan Hasil dari Kolaborasi Link and Match Sekolah Vokasi UGM

Di tahun 2020 ini, SV UGM membuka lebih banyak program Sarjana Terapan (S.Tr.) atau Diploma 4. Sejumlah 20 program studi (prodi) dari kelompok sains

Editor: Ikrob Didik Irawan
ist
Sekolah Vokasi UGM 

Pendidikan vokasional di Indonesia kini terus dikembangkan. Sekolah Vokasi UGM sebagai penyelenggara pendidikan vokasional di Universitas Gadjah Mada selalu mendorong soft skills mahasiswanya melalui kurikulum yang didominasi kegiatan praktik.

Selain unggul dalam kurikulum karena disusun berdasarkan kebutuhan industri, SV UGM menerapakan prinsip pendidikan Sekolah Vokasi “link dan match” dengan industri, instansi, serta masyarakat yang dapat diterapkan di dunia nyata.

Komitmen Sekolah Vokasi UGM dalam memfasilitasi program Sarjana Terapannya.

Di tahun 2020 ini, SV UGM membuka lebih banyak program Sarjana Terapan (S.Tr.) atau Diploma 4. Sejumlah 20 program studi (prodi) dari kelompok sains teknologi (SAINTEK) maupun sosial humaniora (SOSHUM) siap ditawarkan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sekolah Vokasi UGM 2020. Adapun kelompok SAINTEK terdapat 13 prodi dan dari kelompok SOSHUM terdapat 7 prodi.

“Sarjana Terapan merupakan program sarjana yang mengaplikasikan 60% praktik dan 40% teori dalam pembelajarannya. Di tahun terakhir, mahasiswa Sarjana Terapan akan melaksanakan magang di industri, kemudian bekerja serta studi lanjut baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Wikan Sakarinto, Ph.D., Dekan Sekolah Vokasi UGM.

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) SV UGM 2020 sama seperti tahun sebelumnya yang membuka 3 jalur, yaitu PBU, UTUL dan Nilai UTUL. Pada jalur yang pertama adalah jalur rapor atau Penelusuran Bibit Unggul (PBU) yang dibuka sampai 18 Maret 2020. Pada jalur ini terdapat 4 jenis PBU yaitu PBUSMAK (PBU SMA/SMK/MA), PBUB (PBU Berprestasi), PBUTM (PBU Tidak Mampu), dan PBUK (PBU Kemitraan). Semua persyaratan dan tanggal penting terkait PMB UGM dapat diakses di um.ugm.ac.id.

Selain jalur rapor, calon mahasiswa juga dapat mendaftar melalui jalur Ujian Tulis (UTUL) UGM. Calon peserta UTUL UGM mendaftarkan diri secara online di website resmi um.ugm.ac.id dan memilih tiga program studi yang diminati dengan syarat mengikuti dan memiliki sertifikat UTBK tahun 2020.

Adapun jalur terakhir untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Sekolah Vokasi UGM yaitu Jalur Nilai. Dalam jalur ini, calon mahasiswa diseleksi berdasarkan hasil nilai UTUL UGM + nilai UTBK. Di jalur terakhir PMB SV UGM ini, peserta dapat memilih dua program studi di Sekolah Vokasi UGM

Bagi yang membutuhkan informasi lengkap terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) SV UGM 2020 dapat mendatangi Sekolah Vokasi UGM yang beralamat di Sekip Unit 1, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55281; atau menghubungi Humas PMB SV UGM melalui kontak berikut +62 (274) 588999 / 082118555530 / 085523900006| IG @pmbsvugm | e-mail   : pmb.sv@ugm.ac.id

Ditunggu menjadi bagian dari Gadjah Mada Muda Sekolah Vokasi! (*/adv)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved