Breaking News:

TRIBUN JOGJA TV

TRIBUN JOGJA TV: TIARA GITA ZETTIRA, Fokus Makeup Karakter

Tiara mengawali karirnya di dunia make up karakter dari komunitas terdekatnya yang dihuni beragam latar belakang profesi

ist
TIARA GITA ZETTIRA 

TRIBUNJOGJA.COM - Berbekal kecintaan pada bidang tata rias wajah, perempuan pemilik nama lengkap Tiara Gita Zettira ini kini memiliki profesi sebagai seorang make up karakter. Tiara begitu ia akrab disapa, belajar make up karakter secara otodidak.

Selanjutnya, Tiara berguru pada sala satu make up karakter senior di Yogyakarta. Make up karakter sendiri adalah sebuah seni tata rias wajah yang menampilkan beragam karakter pada wajah seseorang.

Tiara mengawali karirnya di dunia make up karakter dari komunitas terdekatnya yang dihuni beragam latar belakang profesi, seperti musisi dan pemain film. Setelah mendapat dukungan dari beberapa teman yang pernah ia make up dengan karakter tertentu, Tiara memutuskan serius mendalami profesi ini.

Perempuan berambut panjang seleher ini pun mulai belajar dua cabang make up karakter, yakni make up fantasi dan make up spesial efek. Make up fantasi adalah seni membuat karakter wajah dengan cara melukis, sedangkan make up spesial efek menggunakan materi bertekstur yang bisa memberi efek wajah atau tubuh seseorang berbeda dari bentuk aslinya. Misalnya, luka wajah atau wajah tersayat.

"Lebih mudah membuat make up karakter daripada make up fantasi. Kalau make up fantasi menurutku jauh lebih sulit karena harus benar benar bisa melukis di wajah sesuai dengan karakter yang diinginkan. Sementara make up spesial efek terbantu dengan materi dari latek atau bahan lain yang sudah ada tinggal ditempel dan sedikit diberi warna," kata Tiara.

Karir Tiara pun perlahan naik seiring mulai dikenalnya ia sebagai salah satu make up karakter di kalangan para pekerja seni di Yogyakarta. Ia pun tak hanya pernah diminta membuat make up karakter untuk kebutuhan film atau video klip saja namun juga untuk acara acara privat.

Pengguna jasa make up karakter menurut Tiara sudah berkembang luas. Make up karakter tak lagi identik dengan perayaan seperti Halloween atau dunia perfilman semata. Tren kekinian sudah menempatkan make up karakter sebagai salah satu jasa kreatif di bidang entertainment. (*)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved