MotoGP

Presiden FIM Sebut Balapan MotoGP Amerika Serikat 2020 Sulit Untuk Digelar

FIM mengutarakan pendapatnya terkait keterangan sikap dari pemerintah kota Austin terkait balapan MotoGP Amerika Serikat 2020.

via motociclismo.es
MotoGP 2020 

TRIBUNJOGJA.COM - Balapan di Circuit of the Americas (COTA), Austin dijadwalkan akan digelar pada 3-5 April 2020. Namun beberapa hal terkait virus corona, menyebabkan jadwalnya menjadi tak pasti.

Pihak pemerintah setempat telah mendeklarasikan bencana lokal, menyangkut penyebaran virus corona, meskipun belum ditemukan adanya orang terinfeksi di wilayah Austin, Texas, Amerika Serikat.

Mereka melarang adanya acara yang melibatkan lebih dari 2500 pengunjung. Contohnya adalah pemerintah kota Austin membatalkan festival South untuk tahun ini, yang diperkirakan dapat menghadirkan 70 ribu pengunjung.

Lalu, bagaimana dengan balapan MotoGP Amerika Serikat 2020?

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta sempat mengatakan bahwa balapan di Amerika Serikat dan Argentina aman dan belum ada perubahan rencana.

Namun, tampaknya Presiden Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Jorge Viegas memiliki pendapat berbeda.

Valentino Rossi di MotoGP Brno 2020.
Valentino Rossi di MotoGP Brno 2020. (www.instagram.com/valeyellow46)

Tribunjogja.com melansir dari laman GPOne.com, Selasa (10/3/2020), Jorge menyebutkan jika pihaknya mencari solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini.

"Kemungkinan diadakannya Grand Prix Amerika Serikat di Austin pada 5 April tipis, tapi kami berusaha mendapatkan solusi alternatif untuk trek tersebut. Tapi perubahan berubah secara cepat pada waktu (yang mana) saya tidak bisa berkata-kata lagi," jelasnya.

FIM menargetkan di musim 2020 ini ada 13 seri balapan yang bisa dilaksanakan, sementara Dorna mengharapkan seri dilakukan sebanyak mungkin, yaitu 19 balapan.

Jorge mengatakan, "Pada saat ini, saya percaya diri bahwa kejuaraan akan dapat diadakan lebih dari 13 balapan. Jika kita harus melakukannya di Januari, kami akan melakukannya."

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved