MotoGP

Wali Kota Austin Ajukan Syarat Jika MotoGP Amerika 2020 Tetap Ingin Digelar

Seri perdana gelaran MotoGP rencananya akan digelar di Austin, Amerika Serikat. Namun sang wali kota memberikan syarat yang harus dipenuhi.

via crash.net
Ilustrasi: MotoGP 2019 

Wali Kota Austin Ajukan Syarat Jika MotoGP Amerika 2020 Tetap Ingin Digelar

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah dibatalkannya balapan di Losail, Qatar untuk kelas premier dan digesernya seri MotoGP Thailand ke bulan Oktober, artinya balapan kelas MotoGP akan perdana digelar di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Amerika Serikat pada 5 April 2020.

Tapi, meski sudah tertera di update kalendar resmi, seri ini punya kemungkinan untuk dibatalkan atau ditunda, seperti dua seri sebelumnya, dengan penyebab utama adalah penyebaran virus corona.

Walaupun belum ada catatan warga yang terinfeksi virus corona di Austin, Texas, tapi pihak pemerintah setempat berusaha untuk melakukan tindakan preventif untuk mencegah virus ini datang ke wilayahnya.

Sebagai tindak pencegahan, pihak pemerintah sekitar melarang adanya acara yang melibatkan lebih dari 2.500 orang, kecuali pihak penyelenggara dapat meyakinkan Austin Public Health jika rencana meminimalisir dampak (mitigasi) dari penyakit menular ini telah tersedia.

Acara pertama yang menjadi 'korban' dari kebijakan baru ini adalah South dari festival Southwest yang dilaksanakan 13-22 Maret 2020.

Update Terbaru Jadwal Balapan MotoGP 2020, Seri Thailand Dipindah Bulan Oktober

Fabio Quartararo  (kiri), Marc Marquez (tengah), dan Andrea Dovizioso di MotoGP Jepang 2019.
Fabio Quartararo (kiri), Marc Marquez (tengah), dan Andrea Dovizioso di MotoGP Jepang 2019. (www.instagram.com/motogp)

"Kami telah mendeklarasikan bencana lokal dan berkaitan dengan masalah terkait menunda South dari Southwest untuk tahun ini," kata Wali Kota Austin, Steve Adler, dikutip Tribunjogja.com dari laman Crash.net, Minggu (8/3/2020).

Kondisi ini cukup rumit, mengingat jumlah penonton di MotoGP Amerika diperkirakan sekitar 47 ribu per hari.

Jika balapan di COTA harus dibatalkan atau ditunda, hanya ada sedikit waktu untuk menemukan tanggal alternatif, dan seri perdana harus mundur lagi di seri Argentina, 17-15 April 2020.

Kalender MOTOGP 2020 Bisa Digelar Hingga Desember Gara-gara Wabah Coronavirus

Sementara itu, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan balapan di Ametika Serikat dan Argentina masih aman.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved