Breaking News:

Klaten Keren

Wartawan, Humas dan Pejabat Klaten Pentas Ketoprak Tampilkan Cerita Dumadining Bukit Sidoguro

Pentas Ketoprak yang juga didukung Dewan Kesenian (Wankes) Klaten dan Omah Wayang menampilkan cerita Dumadining Bukit atau Gumuk Sidoguro

Editor: Ikrob Didik Irawan
ist
Wartawan, Humas dan Pejabat Klaten Pentas Ketoprak Tampilkan Cerita Dumadining Bukit Sidoguro 

TRIBUNJOGJA.COM - Masih dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten tahun 2020, insan wartawan, pelaku kehumasan yang didukung para pejabat Kabupaten Klaten bakal menggelar pentas ketoprak yang akan diadakan di Panggung Terbuka RSPD Klaten, Kamis malam, 5 Maret 2020.

Pentas Ketoprak yang juga didukung Dewan Kesenian (Wankes) Klaten dan Omah Wayang menampilkan cerita Dumadining Bukit atau Gumuk Sidoguro.

Eksekutif Produser yang juga Kepala Bagian Humas Setda Klaten H Wahyudi Martono didampingi Kasubag Analisis dan Kemitraan Media Bagian Humas Tri Nugroho Pujo Warono SSTP dan Sutradara Ketoprak, Joko Krisnanto di Kantor Bagian Humas Pemkab Klaten, Rabu siang, 4 Maret 2020 mengatakan, gladi bersih pentas ketoprak kolaborasi antara wartawan, pelaku kehumasan dan pejabat diadakan pada Rabu malam, 4 Maret 2020 mulai pukul 18.30 WIB di Pendopo Pemkab Klaten.

Dikatakan, lakon ketoprak Dumadining Gumuk Sidoguro dinukil dari cerita rakyat populer Klaten yang mengkisahkan terjadinya Rawa Jombor. Perjalanan spiritual Sidagora abdi Kerajaan Wirata yang mengantarkan Pangeran Pathohan meninggalkan bumi kelahiranya Wirata dalam keadaan luka cacat di kakinya, hingga sampai di Jimbung, Klaten.

Dijelaskan, karena laku brata atau tirakat antara Bendoro dan abdinya itu maka sembuhlah Pangeran Pathohan dan berhasil membangun sebuah kerajaan di Jimbung. Di dalam kisah ini terselip ajaran Darma dan Karma yang sengaja dimunculkan sebagai pelajaran tentang budi pekerti orang Jawa, karena setiap perbuatan senantiasa akan mendapat balasan, baik ataupun buruk perbuatan itu dan janganlah manusia lupa akan asal usulnya dengan tidak mengabaikan asalnya atau orang tuanya.

Sedangkan Sutradara Ketoprak, Joko Krisnanto menambahkan, di akhir kisah karena alasan kemanusiaan Pangeran Pathohan menyembunyikan keberadaan Kraton Jimbung di alam gaib dan membedah Kali Kuning agar menggenangi bekas Kraton itu dan menjadi rawa yang diberi nama Rawa Jombor. Sedangkan Sidagora juga ikut hidup di alam gaib dengan bertempat di bukit yang dinamai Bukit Sidagora.

Paraga Ketoprak

Adapun para pemain ketoprak kolaborasi antara wartawan, pelaku kehumasan dan pejabat tersebut masing-masing Pangerah Joko Patohan (Yan Tohari/Wartawan Joglo Pos), Sidagora (Sri Nugroho, SE, MM/Plt Kepala Disparbudpora), Patih Tambak Baya (Jimbling Supriyadi/Seniman), Ratu Wahdi (Fenta Pangestika Hayuningtyas/Staf Bagian Humas Setda Klaten).

Kemudian Ratu Jimat Keling (Oktavia Nur Annafi/Staf Bagian Humas Setda Klaten), Pangeran Smara Aji (H Wahyudi Martono, SSos, MM/Kepala Bagian Humas Setda Klaten), Ratu Wara Singa (Desy Kurniawati/Staf Bagian Humas Setda Klaten), Patih Jaya Negara (FX Setyawan DS/Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten). Selanjutnya Poleng (Sumardji Boendher Sasmito/Wartawan www.murakabi.com), Remeng (Paidi/Staf Bagian Humas Setda Klaten).

Setelah itu Pangeran Patahan (Sutopo, SIP, MSi/Camat Jogonalan), Abdi Kucir (Dewi Ayu Sri Hastuti/Staf Bagian Humas Setda Klaten), Pak Warono (Tri Nugroho Pujo Warono, SSTP/Kepala RSPD Klaten), Abdi Brintik (Djoko Sardjono/Wartawan Media Indonesia), Abdi Lencir (Shalsya Malika Yunus/Staf Bagian Humas Setda Klaten).

Pemeran lainnya Tumenggungg Wira Baya (Ari Nugroho Wahyu Jati/Wartawan Salfamedia.com), Tumenggung Wongso Baya (Restu Hindiyanto/Staf Bagian Humas Setda Klaten), Tumenggung Rana Jaya (Sudirin/Wartawan Joglo Pos), Tumenggung Jayeng Pati (Suyono SE MM/Staf Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten), Algojo (Wiyono/Staf Bagian Humas Setda Klaten) dan didukung prajurit antara lain Dede Fahrezi dan Tomy dari penyiar Salma Radio Klaten dan sejumlah wartawan lain. (*/adv/Bagian Humas Setda Klaten)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved