MotoGP

Penjelasan CEO Dorna Soal Kemungkinan MotoGP Aragon Digeser untuk MotoGP Thailand

Dorna dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memajukan balapan seri Aragon agar MotoGP Thailand bisa digelar pada 4 Oktober 2020.

www.instagram.com/motogp
Pebalap Pramac Ducati, Jack Miller di seri Qatar musim lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Berbeda dengan seri Qatar yang dinyatakan resmi dibatalkan untuk kelas MotoGP, balapan di Buriram, Thailand masih dapat dilaksanakan, hanya statusnya ditunda.

Sehubungan dengan berkembangnya virus corona dan menjadi wabah global, pemerintah Thailand memutuskan bahwa MotoGP Thailand tidak bisa dilaksanakan sesuai jadwal yaitu 22 Maret.

Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP telah mengumumkan status dari seri Thailand adalah ditunda, dan mereka meletakkan balapan MotoGP Thailand di akhir kalendar, meski belum ditentukan tanggal gantinya.

Ada rumor beredar bahwa Dorna kemungkinan sedang mempertimbangkan untuk memajukan MotoGP Aragon dua minggu lebih awal, agar seri Thailand bisa digelar pada  4 Oktober.

Hingga saat ini, belum ada keterangan pasti di sirkuit mana balapan MotoGP akan dimulai. Mengingat masing-masing negara memperketat jadwal bepergian baik keberangkatan maupun kedatangan, masih belum pasti seri mana yang akan jadi pembuka.

Valentino Rossi dan Marc Marquez
Valentino Rossi dan Marc Marquez (twitter.com/MotoGP via Surya Malang)

Jika merujuk pada kalendar MotoGP, Circuit of the Americas akan menjadi pembuka pada 3-5 April nanti. Namun statusnya juga masih bergantung pada ada tidaknya larangan bepergian ke Amerika Serikat terkait virus corona.

Kini dikabarkan Dorna masih mencari jadwal dan tanggal yang pas, dan memang ada kemungkinan MotoGP Aragon akan digeser maju lebih awal.

"Mungkin saja jika Aragon akan dimajukan dan tanggal aslinya akan digunakan di Thailand," ungkap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta di wawancara Onda Cero, seperti dikutip Tribunjogja.com dari laman Autosport.com, Kamis (5/3/2020).

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.
CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. (www.gridoto.com)

"Tapi yang utama kami harus mendiskusikannya dengan para promotor dan melihat kemungkinannya," imbuhnya.

Seri Aragon kemungkinan akan digeser ke 20 September, sepekan setelah MotoGP San Marino.

Ada tiga balapan di benua Asia dan satu di Australia yang masih belum pasti nasibnya, yaitu balapan di Thailand, Jepang (18 Oktober), Australia (25 Oktober), dan Malaysia (1 November).

( Tribunjogja.com | Fatimah Artayu Fitrazana)

Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved