Breaking News:

Kulon Progo

Tak Terpengaruh Isu Virus Corona, Pemindahan Penerbangan ke YIA Tetap Sesuai Jadwal

Perkembangan pembangunan bandara YIA sejauh ini sudah mencapai 94 persen dengan menyisakan finishing pada instalasi seni dan beberapa bagian lain.

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Suasana terkini dari proyek pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulon Progo. Foto diambil pada Selasa (3/3/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I memastikan rencana pemindahan seluruh operasi penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo pada 29 Maret tetap berjalan sesuai rencana.

Adanya wabah virus corona tidak mempengaruhi rencana tersebut.

Project Manager Pembangunan YIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi mengatakan, perkembangan pembangunan bandara YIA sejauh ini sudah mencapai 94 persen dengan menyisakan pekerjaan penyempurnaan (finishing) pada instalasi seni dan beberapa bagian lain.

Ia menyebut bahwa pekerjaan seluruhnya dari proyek pembangunan fisik bandara ini akan rampung di tanggal 14 Maret mendatang.

Pascaerupsi Gunung Merapi, Penerbangan di Yogyakarta Berjalan Normal

"Kesiapan untuk (pemindahan operasi penerbangan) 29 Maret masih sesuai target. Insya Allah ngga terimbas virus corona. Prinsip, operasional harus berjalan sesuai yang direncanakan," kata Taochid, Selasa (3/3/2020).

Ketika fisik bangunan sudah rampung, kata Taochid, akan dilakukan tahap verifikasi kelaikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

Hasil verifikasi, jika ada catatatan tertentu, akan ditindaklanjutinya hingga tanggal 28 Maret 2020.

Selanjutnya, di 28 Maret itu pula, pemindahan badan pesawat akan mulai dilakukan.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Pesawat-pesawat yang biasanya bermalam (Remain Over NIght/RON) di Bandara Adisutjipto akan langsung diinapkan di YIA malam itu juga.

"Karena, besok paginya dia melayani penerbangan dari YIA, bukan lagi di Adisutjipto,"kata Taochid.

Disebutnya, operasi penerbangan akan langsung dipindah dari Adisutjipto ke YIA secara seketika di hari itu juga.

Hal ini bisa dilakukan mengingat sistem teknologi informasi operasi penerbangan sudah dibangun secara lengkap di Bandara YIA.

 "Bukan memindahkan sistem dari Yogya tapi di sini disiapkan dulu. Jadi, nanti tinggal pindahkan pesawat dan petugasnya saja," kata Taochid. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved