Travel

Nuansa Pesisir di Bandara YIA

Nuansa khas daerah pesisir berikut budaya Yogyakarta begitu kental terasa di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulon Progo. Hal ini seb

TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Aneka simbol sosial budaya khas Yogyakarta dan masyarakat pesisir pantai selatan yang ditampilkan di Bandara YIA. Foto diambil Selasa (3/3/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Nuansa khas daerah pesisir berikut budaya Yogyakarta begitu kental terasa di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulon Progo. Hal ini sebagai bentuk pengejawantahan dari kehidupan masyarakat di DIY.

Simbol-simbol tentang aspek sosial budaya masyarakat pesisir Yogya tampil dalam tata interior dan instalasi seni (artwork) pada banyak sudut bangunannya.

Begitu tiba di drop zone terminal keberangkatan di lantai tiga, penumpang akan langsung disuguhi pemandangan berupa regol atau instalasi gerbang utama khas Keraton Yogyakarta.

Regol ini disinari cahaya alami matahari karena areanya memiliki atap skylight berbentuk motif batik kawung.

Pemda DIY Rancang Sistem Koneksi Bandara

Masuk ke area check-in, penumpang akan disambut instalasi berbentuk kerucut dengan warna krem.

Ini adalah sebuah simbol dari sand dunes atau gumuk pasir yang banyak terdapat di pantai selatan DIY seperti Parangtritis dan Parangkusumo.

Di area ini juga terdapat tiga buah check-in island (deretan loket layanan check in dan bagasi) dengan bentuk serupa gumuk pasir.

Hanya saja, gumuk pasir itu merupakan jalan masuk bagasi penumpang ke instalasi baggage handling system sebelum dimasukkan ke dalam pesawat.

"Yogyakarta pantainya terkenal memiliki gumuk pasair dan itu kita adopt ke bandara ini. Ada di area chek in, pintu gerbang, hingga lantainya," kata Project Manager Pembangunan YIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi, Selasa (3/3/2020).

Lantai terminal Bandara YIA memang hampir seluruhnya didominasi paduan warna krem, putih, cokelat, dan hitam. Hal ini menurut Taochid menggambarkan warna-warna pasir pantai di sepanjang pesisir DIY.

PT Angkasa Pura 1 Pastikan Bandara YIA Kulonprogo Akan Beroperasi Penuh pada 29 Maret 2020

Halaman
123
Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved